Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Papua Menggunakan Regresi Data Panel

Authors

  • Aginda Maruruk Universitas Cenderawasih
  • Bobi Frans Kuddi Universitas Cenderawasih

Keywords:

Regresi Data Panel, Pertumbuhan Ekonomi, CEM, FEM, REM

Abstract

Pertumbuhan ekonomi adalah suatu proses upaya untuk meningkatkan pendapatan nasional dari waktu ke waktu yang menjadi indikator penting dalam mengetahui keberhasilan perekonomian suatu negara, serta turut menentukan arah pembangunan untuk kedepannya. Pertumbuhan ekonomi yang positif menunjukkan adanya peningkatan perekonomian, sebaliknya pertumbuhan ekonomi negatif menunjukkan adanya penurunan dalam perekonomian. pertumbuhan ekonomi didaerah diukur dengan pertumbuhan PDRB, bergantung pada perkembangan faktor-faktor produksi yaitu, modal, tenaga kerja, dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Papua dan menentukan model regresi data panel yang terbaik untuk menganalisis faktor-faktor pertumbuhan ekonomi di Provinsi Papua. Berdasarkan hasil pengujian model regresi data panel menggunakana Uji Chow dan Uji Lagrange, diperoleh model terbaik untuk menganalisis faktor-faktor pertumbuhan ekonomi di Provinsi Papua yakni Model Random Effect dan berdasarkan hasil pengujian signifikansi parameter model regresi diperoleh Pendapatan per Kapita dan Tingkat pengangguran mempengaruhi Laju Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Papua pada tahun 2018-2021.

References

Amdan, L., & Rafi, M. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(1).

Ferdian Diputra, T., Sadik, K., & Angraini, Y. (2012). PEMODELAN DATA PANEL SPASIAL DENGAN DIMENSI RUANG DAN WAKTU (Spatial Panel Data Modeling with Space and Time Dimensions). 17(1), 6–14.

Haryo Kusumo, B. (2013). Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Pengangguran, Pendidikan dan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Terhadap Kemiskinan Provinsi Jawa Tengah.

Madany, N., & Rais, Z. (2022). Regresi Data Panel dan Aplikasinya dalam Kinerja Keuangan terhadap Pertumbuhan Laba Perusahaan Idx Lq45 Bursa Efek Indonesia. VARIANSI: Journal of Statistics and Its Application on Teaching and Research, 4(2), 79–94. https://doi.org/10.35580/variansiunm28

Putri, L. (2020). Lucky Riana Putri : Pengaruh Pariwista ….

Ratang, S. A., Ambumi, P., & Marlissa, E. R. (2020). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI PAPUA.

Downloads

Published

2023-12-31