PELATIHAN PENERAPAN PEMBELAJARAN BERHITUNG CEPAT BAGI ANAK-ANAK SEKOLAH SABATH GMHK JEMAAT NENDALI DAN ANAK-ANAK SEKOLAH MINGGU GKI I. S. KIJNE, ABEPURA

Authors

  • Anike Bowaire Universitas Cenderawasih
  • Zakaria V. Kareth Universitas Cenderawasih
  • Novana V. J. Kareth Universitas Cenderawasih
  • Joko Harianto Universitas Cenderawasih
  • Wani Tabuni Universitas Cenderawasih
  • Mesakh Wandikbo Universitas Cenderawasih
  • Krista M. Ansanay Universitas Cenderawasih
  • Magrice S. Maran Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31957/ejpipt.v2i1.169

Keywords:

berhitung cepat, abacus, fun-learning

Abstract

Aktivitas belajar berhitung menggunakan permainan yang menyenangkan, khususnya abacus, terbukti dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak sebesar 40% . Selain itu, kemampuan matematika yang baik membekali anak untuk memiliki minat pada bidang sains dan teknologi. Kampung Nendali terletak di pinggir Jalan Raya  Sentani - Waena yang juga berada di pesisir Danau Sentani dan berjarak sekitar 14,6 km dari  Universitas Cenderawasih Kampus Waena, dan GKI I. S. Kijne berada di Abepura yang berjarak sekitar 1 km dari Universitas Cenderawasih Kampus Abepura dan sekitar 5.9 km dari Universitas Cenderawasih Kampus Waena. Tujuan dari pelatihan penerapan pembelajaran berhitung cepat menggunakan metode abacus adalah memperkenalkan, melatih dan meningkatkan kemampuan berhitung  anak-anak Sekolah Sabath GMHK Jemaat Nendali dan Sekolah Minggu GKI I. S. Kijne, Abepura. Kegiatan pengabdian dilakukan melalui pelatihan secara metode edukasi-persuasif yakni pendekatan yang dilakukan kepada anak-anak berupa sosialisasi, pelatihan, serta dilanjutkan dengan pendampingan dalam rangka transfer pengetahuan berupa ceramah/ seminar, simulasi perhitungan, dan praktek bersama.

References

Anugrahana, A. (2019). Pengembangan Modul Sempoa Sebagai Alternatif Dalam Mata Kuliah Inovatif Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 462–470. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.130

Chasanah, N. U., & Pradipta, R. F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sempoa Geometri pada Kemampuan Berhitung Tunagrahita. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 5(1), 12–17. https://doi.org/10.17977/um031v4i12018p012

Dianto, R. (2018). Penggunaan Sempoa Untuk Meningkatkan Mental Aritmetika Siswa SD pada Pembelajaran Kabataku. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 1(2), 145. https://doi.org/10.29300/equation.v1i2.2296

Fatkhiyani, K., Kumala Dewi, R. A., & Munawaroh, N. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA SEMPOA. PROGRES PENDIDIKAN, 4(3), 186–192. https://doi.org/10.29303/prospek.v4i3.413

Hikmah, Q., Lathif, M. A., & Khutobah, K. (2016). Peningkatan Kemampuan Berhitung Pada Anak Kelompok B Melalui Permainan Kartu Angka di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi, III. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i2.3528

Pardossi, A. (2018). MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 9(2), 28. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26769

Romlah, M., Kurniah, N., & Wembrayarli, W. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN SEMPOA. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2), 72–77. https://doi.org/10.33369/jip.1.2.72-77

Sulistiyono Wahyu. (2016) EFEKTIVITAS MEDIA SEMPOA TERHADAP KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENGURANGAN PADA SISWA TUNARUNGU KELAS III SDLB DI SLB B WIYATA DHARMA I TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA. Jurnal Widia Ortodidaktika, 5 (11), 1169-1179. Retrieved from https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/plb/article/view/6429/0

Downloads

Published

2024-05-29 — Updated on 2024-05-29