PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI EKSPERIMEN SEDERHANA PADA MATERI INERSIA UNTUK ANAK-ANAK DI SENTANI

Authors

  • Flinn Radjabaycolle Universitas Cenderawasih
  • Eva Papilaya Universitas Cenderawasih
  • Martina Bunga Universitas Cenderawasih
  • Tatang Sutarman Universitas Cenderawasih
  • Khaeriah Dahlan Universitas Cenderawasih
  • Benny Abraham Bungasalu Universitas Cenderawasih
  • Sikaren Salak Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31957/ejpipt.v2i2.220

Keywords:

Fisika, inersia, eksperimen sederhana, pendidikan anak

Abstract

oleh anak-anak. Untuk meningkatkan minat dan pemahaman mereka, pengenalan konsep dasar fisika sejak dini sangat diperlukan, salah satunya melalui eksperimen sederhana. Kegiatan ini bertujuan mengenalkan konsep inersia kepada anak-anak sekolah dasar di Perumahan BTN Puskopad, Sentani, Kabupaten Jayapura, dengan menggunakan eksperimen tumpukan koin. Eksperimen ini efektif untuk menggambarkan prinsip dasar inersia, yaitu kecenderungan benda untuk tetap dalam keadaan diam atau bergerak, kecuali ada gaya luar yang mengubahnya. Keunggulan eksperimen ini terletak pada kesederhanaannya yang memungkinkan anak-anak untuk mengamati dan memahami fenomena fisika secara langsung. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa anak-anak sangat antusias dan mampu memahami konsep inersia setelah mengikuti eksperimen yang dilengkapi dengan penjelasan sederhana dan pengulangan aktif. Anak-anak terlibat secara langsung dalam eksperimen, dan pengulangan yang dilakukan membantu memperkuat pemahaman mereka terhadap konsep yang diajarkan. Meskipun terdapat keterbatasan fasilitas, kegiatan ini terbukti efektif, menunjukkan bahwa eksperimen praktis dengan sumber daya minimal dapat meningkatkan pemahaman ilmiah anak-anak. Ke depan, disarankan agar lebih banyak waktu dialokasikan untuk sesi diskusi, sehingga anak-anak dapat merefleksikan konsep yang dipelajari dan mengajukan pertanyaan, yang akan semakin memperdalam pemahaman mereka.  

References

Bahadur, P. S., Kumar, A., Khan, A., & Talwar, G. (2019). Physics in everyday life and in technology. International Journal for Modern Trends in Science and Technology, 5(4), 7–9.

Hermans, L. J. F. (2008). Physics in daily life: The way we walk. Europhysics News, 39(5), 31.

Holstermann, N., Grube, D., & Bögeholz, S. (2010). Hands-on activities and their influence on students’ interest. Research in Science Education, 40, 743–757.

Kırılmazkaya, G., & Dal, S. N. (2022). Effect of hands-on science activities on students’ academic achievement and scientific attitude. International Journal of Education & Literacy Studies, 10(4), 56–61.

Ornek, F., Robinson, W. R., & Haugan, M. P. (2008). What makes physics difficult? International Journal of Environmental & Science Education, 3(1), 30–34.

Radjabaycolle, F. C., & Bungkang, Y. (2023). Pembuatan baterai jeruk bagi kelompok anak di BTN Puskopad Sentani Kabupaten Jayapura. Jurnal Pengabdian Papua, 7(1), 31–34.

Radjabaycolle, F., Papilaya, E., Bunga, M., Napitupulu, D., Haryati, E., & Bungasalu, B. A. (2024). Percobaan pengaruh kedalaman terhadap tekanan bagi kelompok anak di BTN Puskopad Sentani Kabupaten Jayapura. Ebamukai Jurnal Pengabdian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 2(1), 56–60.

Taangahar, B., & Okwori, A. (2022). Physics students’ perception of physics concepts as difficult and the perception of their performance in the subject in Benue State, Nigeria. VillageMath Educational Review, 4(1). 16–25.

Wangchuk, D., Wangdi, D., Tshomo, S., & Zangmo, J. (2023). Exploring students’ perceived difficulties of learning physics. Educational Innovation and Practice, 6.

Ward, J. (1998). How Things Work: The Physics of Everyday Life. European Journal of Physics, 19(1), 014.

Downloads

Published

2024-11-07