Implementasi Metode Inverse Kinematik Pada Gerakan Kaki Animasi 2D Karakter Komik Obed

Penulis

  • Agung Dwi Saputro Universitas Cenderawasih
  • Ardiansyah Universitas Muhammadiyah Klaten

DOI:

https://doi.org/10.31957/kjtip.v1i1.41

Kata Kunci:

Animasi 2D, Inverse Kinematics, Karakter Obed

Abstrak

Industri Animasi mengalami perkembangan seiring dengan perubahan teknologi yang ada. Metode pembuatan animasi yang dulunya menggunakan kertas dan gambar tangan sudah mengalami digitalisasi menggunakan teknologi komputer. Model gerakan pada animasi dapat dibuat menggunakan berbagai macam metode, salah satunya adalah metode inverse kinematics. Inverse kinematics adalah metode yang digunakan untuk menemukan variabel sudut berdasarkan koordinat posisi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk melakukan pengujian terhadap metode inverse kinematics dan diimplementasikan ke dalam animasi 2D karakter Obed. Obed adalah sebuah komik digital yang berisi tentang cerita lucu masyarakat Papua. Tahahpan penelitian dimulai dengan mengambil hasil pengukuran sudut tulang, setelah itu dilanjutkan dengan penerapan sudut tulang ke dalam karakter 2D Obed dan tahapan terkahir adalah melakukan pengujian serta penganimasian karakter Obed. Pengujian dilakukan dengan melihat gerkan karakter Obed yang menggunakan pengukuran sudut tulang dan gerakan karakter Obed yang tidak menggunakan pengukuran sudut tulang. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan solusi agar pembuatan animasi 2D dapat lebih akurat dengan gerakan sesuai dengan sudut kebebasan tulang pada manusia

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

R. E. Mayer and R. Moreno, “Animation as an Aid to Multimedia Learning,” Educ. Psychol. Rev., vol. 14, no. 1, pp. 87–99, 2002.

Irfai Fathurohman, Agung Dwi Nurcahyo, and Wawan Shokib Rondli, “Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Terpadu untuk Memacu Keaksaraan Multibahasa Pada Siswa Sekolah Dasar,” 2010.

Z. Bhatti, A. Shah, F. Shahidi, and M. Karbasi, “Forward and Inverse Kinematics Seamless Matching Using Jacobian,” Sindh Univ. Res. J. ( Sci. Ser., vol. 45, no. 2, pp. 387–392, 2013.

S. Roberts, Character Animation: 2D Skills for Better 3D, 2nd ed. London: Taylor & Francis, 2013.

A. Z. Rahman et al., “Implementasi Metode Inverse Kinematics Pada Gerakan Animasi 3D Karakter Manusia,” vol. XIV, no. November, pp. 25–32, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

05/17/2023

Cara Mengutip

Dwi Saputro, A., & Ardiansyah, A. (2023). Implementasi Metode Inverse Kinematik Pada Gerakan Kaki Animasi 2D Karakter Komik Obed . Kombrof Jurnal Teknologi Informasi Papua, 1(1), 23–27. https://doi.org/10.31957/kjtip.v1i1.41