Sistem Pakar Deteksi Penyakit Tanaman Sagu Dengan Metode Decision Tree Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.31957/kjtip.v1i1.42Kata Kunci:
Penyakit Sagu, Decision Tree, Sistem Pakar, AndroidAbstrak
Sagu (Metroxylon Spp) merupakan tanaman dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Dibeberapa wilayah, seperti di Kabupaten Biak, sagu merupakan makanan utama bagi masyarakat. Populasi hutan sagu semakin berkurang, salah satu penyebabnya adalah serangan hama, ke Pohon sagu yang tumbuh secara alamiah. Pohon Keputusan (Decision Tree) adalah salah satu metode klasifikasi yang menggunkan representasi suatu struktur pohon yang yang berisi alternatif-alternatif untuk pemecahan suatu masalah. Pohon ini juga menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil alternatif dari keputusan tersebut disertai dengan estimasi hasil akhir bila kita mengambil keputusan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem pakar pendeteksi penyakit menggunakan pohon keputusan. Proses implementasi menentukan beberapa gejala yang akan disimpulkan dengan penyakit yang relevan, berdasarkan gejala tersebut. Kesimpulan penelitian ini adalah, sistem telah berhasil dibuat dan diimplementasikan dengan baik, termasuk dalam pengujian sistem.
Unduhan
Referensi
P. Tirta, N. Indrianti, and R. Ekafitri, “Potensi Tanaman Sagu (Metroxylon sp.) dalam Mendukung Ketahanan Pangan di Indonesia,” Pangan, vol. 22, no. 1, pp. 61–75, 2013.
F. S. Jong and D. A. Widjono, “Sagu: Potensi Besar Pertanian Indonesia,” Iptek Tanam. Pangan, vol. 2, no. 1, pp. 54–65, 2007.
Siswanto, Kecerdasan Tiruan ( Artificial Intelegence), 2nd ed. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.
R. N. Bugis, “Sistem Pakar Diagnosis Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Kelapa Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Website,” J. Mhs. Tek. Inform., vol. 3, no. 1, pp. 284–289, 2019.
S. Hartati and S. Iswanti, Sistem Pakar dan Pengembangannya. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008.
Jogiyanto, Pengembangan Sistem Pakar Menggunakan Visual Basic. Yogyakarta: ANDI, 2003.
B. Mutea, “Decision Trees and Random Forests,” mlnuggets. https://www.machinelearningnuggets.com/decision-trees-and-random-forests/#what-is-a-decision-tree (accessed May 17, 2023).
N. S. H, Android : Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, 2nd ed. Bandung: Informatika, 2015.
Sholiq, Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Firdaus Mambrasar
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.