Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berdasarkan Pengalaman dan Pengetahuan Awal Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 2 Parepare
DOI:
https://doi.org/10.31957/jfp.v1i2.109Keywords:
Pendekatan Berdasarkan Pengalaman, Pengetahuan Awal, Pemahaman Konsep FisikaAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan pemahaman konsep fisika yang signifikan antara yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran berdasarkan pengalaman dengan yang diajar secara konvensional pada peserta didik, (2) perbedaan pemahaman konsep fisika yang signifikan antara yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran berdasarkan pengalaman dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada peserta didik untuk kelompok yang memiliki pengetahuan awal tinggi, (3) perbedaan pemahaman konsep fisika yang signifikan antara yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran berdasarkan pengalaman dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada peserta didik untuk kelompok yang memiliki pengetahuan awal rendah, (4) interaksi antara pendekatan pembelajaran berdasarkan pengalaman dengan pengetahuan awal dalam mempengaruhi pemahaman konsep fisika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi experimental dengan menggunakan desain non randomized pretest-posttets control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 2 Parepare yang berjumlah 210 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 dengan jumlah peserta didik 35 orang dan XI IPA 4 dengan jumlah peserta didik 35 orang. Berdasarkan analisis deskriptif didapatkan bahwa skor rata-rata pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berdasarkan pengalaman adalah sebesar 21,40 dan standar deviasinya 3,34, sedangkan skor rata-rata pemahaman konsep fisika yang diajar secara konvensional adalah sebesar 18,80 dan standar deviasinya 2,36. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika yang signifikan antara yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran berdasarkan pengalaman dengan yang diajar secara konvensional pada peserta didik, (2) terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika yang signifikan antara yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran berdasarkan pengalaman dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada peserta didik untuk kelompok yang memiliki pengetahuan awal tinggi, (3) tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika yang signifikan antara yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran berdasarkan pengalaman dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada peserta didik untuk kelompok yang memiliki pengetahuan awal rendah, (4) terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran berdasarkan pengalaman dengan pengetahuan awal dalam mempengaruhi pemahaman konsep fisika.
References
Anderson, Lorin & krathwol. 2015. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing : A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives (edisi terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Anggara, Ari.dkk,2011. Pengaruh model pembelajaran experiential terhadap Konsep diri dan pemahaman konsep fisika siswa kelas X SMA Negeri 4 Singaraja. Tesis. (tidak diterbitkan). Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Pendidikan Singaraja.
Emzir. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan kualitatif. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Hasirci, O. K. 2006. Learning Styles of Prospective Primary School Teachers: The Cukurova University Case. Journal of Theory and Practice in Education, 2(1), 15-25.
Hurlock, E. B. 1996. Perkembangan Individu Jilid 2. Terjemahan Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Erlangga.
Sudjana,Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remadja Rosda Karya.
Sugiyono, 2013. Metode penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R an D). Alfabeta: Bandung
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 This license allows reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, so long as attribution is given to the creator.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.