Peranan Perkembangan Sains dalam Perkembangan Teknologi Transportasi Pesawat Sebagai Sumber Belajar Fisika

Authors

  • Kamalia Zahra Ratna Sari Universitas Jember
  • Mayang Maharika Universitas Jember
  • Raras Pratita Ardana Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.31957/jfp.v2i1.17

Keywords:

Pengaruh Sains, Perkembangan Teknologi, Pembelajaran Fisika

Abstract

Tujuan dalam penulisan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara mendalam pengaruh-pengaruh sains pada perkembanga teknologi sebagai pembelajaran fisika. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif-analitis yaitu metode yang mendeskripsikan suatu objek yang diteliti melalui data yang telah dikumpulkan apa adanya tanpa melakukan analisis dan membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum. Sayap merupakan komponen penting yang ada pada badan pesawat yang berfungsi untuk menghasilkan kecepatan yang mampu mengimbangi gesekan dengan udara, sehingga bisa menghasilkan gaya angkat dan mampu mengatasi berat badan pesawat. Sayap pesawat terbang memiliki bentuk lebar dan panjang yang berfungsi agar aliran udara dapat bergerak lebih cepat di sayap bagian atas dari pada bagian bawah pesawat. Sisi atas pesawat lebih melengkung menyebabkan kecepatan udara dibagian atas lebih cepat dari pada bagian bawah, sehingga tekanan diatas pesawat lebih rendah daripada di bawah pesawat. Perbedaan tekanan tersebut menghasilkan gaya angkat pesawat terbang. Pesawat dapat terangkat keatas apabila berat dari pesawat lebih ringan daripada gaya angkat pesawat. Pesawat dapat terbang bergantung pada kecepatan, berat, dan lebar pesawat itu sendiri.

References

Ladjin, N., dkk. 2021. Dampak Perkembangan Transportasi di Berbagai Sektor. Bandung. Penerbit media sains Indonesia.

Lestari, dkk. 2020. Faktor Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Angkutan Udara Rute Sumenep – Surabaya PP. jurnal manajemen asset infrastruktur dan fasilitas. 4(2).

Febriantono, W, S., dkk. 2020. Penerapan Hukum Bernaoulli pada Konsep Perancangan Galeri Pesawat Terbang dan Kantor Sewa di Kemayoran. Jurnal Muara Sains,Teknologi, Kedokteran, dan Ilmu kesehatan. 4(2).

Hakim, C. 2010. Buku Berdaulat di Udara. Jakarta. Penerbit buku kompas.

Sani, R, A., dkk. 2016. Estimasi Variabel Keadaan Gerak Longitudinal Pesawat Terbang Menggunakan Metode Fuzzy Kalman Filter. Jurnal sains dan seni ITS. 5(2).

Adlini, M. N., dkk. 2022. Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan. 6(1): 974-980.

Jumini, S. 2018. Gaya Aerodinamik Dalam Penerbangan Perspektif Q.S. An-Nahl : 79. Jurnal studi alquran dan hokum. 4(2)

Fadloli, Akhmad. 2013. Studi pengaruh suhu dan tekanan udara terhadap daya angkat pesawat di bandara S. Babullah ternate. Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika. 1(2).

Husnayati, Nila., M. Agoes Moelyadi. 2013. Analisis aerodinamika dan studi parameter sayap cn-235 kondisi terbang jelajah. Jurnal Teknologi Dirgantara. 10( 2).

Hariadi, Setyo., dkk, 2017. Analisis Aerodinamika pada wingtip Fence Cessna 172 di Laboratorium Teknik Pesawat Udara ATKP Surabaya. Jurnal Teknologi Penerbangan. 1(2).

Djatmiko, Eddy. 2012. Perhitungan kekuatan sayap pesawat terbang zodiac xl. Jurnal Mekanika Teknik Mesin. 8(2).

Downloads

Published

2023-02-27

How to Cite

Sari, K. Z. R., Maharika, M., & Ardana, R. P. (2023). Peranan Perkembangan Sains dalam Perkembangan Teknologi Transportasi Pesawat Sebagai Sumber Belajar Fisika. Jurnal Fisika Papua, 2(1), 55–58. https://doi.org/10.31957/jfp.v2i1.17