ANALISIS PEMBENTUKAN PORTOFOLIO OPTIMAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN SINGLE INDEX MODEL PADA SAHAM INDEX IDXHIDEV20

Authors

  • Shevania Mathelda Ardamis Statistics, Faculty of Mathematics and Natural Science, Cendrawasih University, Jayapura City, 99351, Indonesia
  • Febryana Dian Hanafi Statistics, Faculty of Mathematics and Natural Science, Cendrawasih University, Jayapura City, 99351, Indonesia
  • Radian Januari Situmeang Universitas Jember

Keywords:

IDXHIDEV20, Single Index, Portofolio Optimal, Return, Risiko

Abstract

Investasi dalam saham adalah langkah menyuntikkan modal dengan harapan mendapatkan pengembalian di masa depan, termasuk dividen dan capital gain, sebagai imbalan atas risiko yang diambil pada saat ini. Penting untuk diingat bahwa investasi saham melibatkan risiko, dengan nilai saham yang dapat berfluktuasi bergantung pada faktor-faktor seperti kinerja perusahaan, kondisi pasar, dan situasi ekonomi global. Data survei yang digunakan adalah data historis, dikumpulkan melalui survei internet terhadap harga penutupan saham perusahaan di indeks IDXHIDEV20 dari Januari 2022 hingga Oktober 2023. Portofolio optimal, dalam penelitian ini, memiliki expected return sebesar 9,85%, menunjukkan tingkat pengembalian yang diharapkan dari investasi. Risiko portofolio tersebut sebesar 0,68%, mencerminkan sejauh mana fluktuasi atau volatilitas nilai investasi dalam portofolio tersebut. Dengan risiko yang relatif rendah, portofolio ini dianggap optimal karena mencapai tingkat pengembalian yang tinggi dengan risiko minimal.

References

Eduardus Tandelilin (2017). Pasar Modal “Manajemen Portofolio dan Investasi” (G. Sudibyo (ed.)). Yogyakarta: PT. Kanisius.

Elton, Edwin J. dan Martin J. Gruber (1995). Modern Portfolio Theory and Investment. Analysis, Fifth Edition. New York: John Wiley&Sons, Inc.

Halim, Abdul. (2005). Analisis Investasi. Yogyakarta: Penerbit Salemba Empat.

Husnan, Suad. (2005). Principles of Portfolio Theory and Security Analysis. Fifth Edition. Yogyakarta: BPFE.

Umar, Husen (2000). Metodologi Penelitian, Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wati, dkk. (2016). Analisis Single Index Model untuk Menentukan Komposisi Portofolio Optimal. Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya.

Downloads

Published

2024-06-30