ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KELUMPUHAN PENDERITA STROKE DENGAN METODE REGRESI LOGISTIK MULTINOMIAL

Authors

  • Nicea Roona Paranoan Statistika Universitas Cenderawasih
  • Caecilia Bintang Girik Allo Universitas Cenderawasih

Keywords:

estimasi parameter, regresi logistik multinomial, stroke, uji parsial, uji serentak

Abstract

Stroke adalah suatu gangguan fungsi otak yang terjadi secara mendadak, disebabkan semata-mata oleh gangguan saraf (deficit neurologis) fokal atau global, yang berlangsung lebih dari 24 jam. Menurut WHO stroke merupakan salah satu dari sepuluh penyakit yang menyebabkan kematian. Di Indonesia sendiri stroke menjadi penyebab 15,4% kematian dari total kasus kematian akibat penyakit. Sebanyak 2,5% dari pasien stroke meninggal dunia dan sisanya akan mengalami kecacatan yang beratnya bervariasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kelumpuhan stroke di RSU Haji Surabaya. Dimana faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kelumpuhan stroke pada penelitian ini adalah meliputi jenis kelamin, usia, hipertensi dan diabetes militus. Dari data tersebut akan dilakukan pemodelan terhadap tingkat kelumpuhan stroke beserta faktor-faktor ynag mempengaruhi dengan mengguanakan regresi logistik multinomial.  Untuk melihat seberapa berpengaruhnya dari variabel prediktor ini akan diuji baik secara serentak maupun secara parsial. Berdasarkan pengujian tersebut didapatkan kesimpulan bahwa secara serentak keempat variabel prediktor tersebut berpengaruh secara signifikan. Sedangkan berdasarkan pengujian secara parsial variabel yang berpengaruh secar signifikan adalah variabel hipertensi dan variabel diabetes militus. Dari model ynag telah dibuat dapat ditarik kesimpulan bahwa model telah sesuai.

References

Agresti, A. (1990). Categorical Data Analysis. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Agresti, A. (2007). An Introduction to Categorical Data Analysis, Second Edition. Florida: A Wiley-Interscience Publication.

Dinata C.A. (2013). Gambaran Faktor Risiko dan Tipe Stroke pada Pasien Rawat Inap di Bagian Penyakit Dalam RSUD Kabupaten Solok Selatan Periode 1 Januari 2010 – 31 Juni 2012. Jurnal Kesehatan Andalas. Vol: 2. Hal: 57-61.

Gujarati, D. (1995). Ekonometrika Dasar, terjemahan Sumamo Zam, cetakan IV, Erlangga, Jakarta.

Harinaldi. (2005). Prinsip-Prinsip Statistik Untuk Teknik Dan Sains. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Hosmer, D.W., dan Lemeshow, S. (1989). Aplied Logistic Regression. John Wiley & Sons Inc., New York

Hosmer, D.W., dan Lemeshow, S. (2000). Applied Logistic Regression. John Wiley & Sons Inc., New York

Lobanova, A. (2008). Introduction to Odds Ratio. Groningen: University of Groningen.

Mahulae, E. (2009). Uji Homogenitas Marginal Dengan Model Log Linier pada Tabel Kontingensi Tiga Dimensi atau Lebih. Medan: Departemen Matematika FMIPA Universitas Sumatera Utara.

Widarjono, A. (2010). Analisis Statistika Multivariat Terapan. Edisi pertama. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Downloads

Published

2024-06-30