PENERAPAN METODE RECENCY FREQUENCY MONETARY DALAM CLUSTERING LOYALITAS KONSUMEN UNTUK STRATEGI PEMASARAN PADA HIGHLAND ROASTERY
Keywords:
RFM, Clustering, Loyalitas, UMKMAbstract
Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Jayapura makin meningkat, sehingga menciptakan persaingan yang ketat. Persaingan yang ada mengharuskan pemilik UMKM untuk selalu dapat memahami pasar yang terus berkembang. Banyak faktor yang mempengaruhi berkembangnya UMKM, salah satu faktornya yaitu konsumen. Tantangan saat ini bukanlah menghasilkan konsumen yang puas, melainkan konsumen yang senang dan setia (Gitomer, 2011). Membangun relasi yang baik dengan konsumen akan jauh lebih bermakna daripada hanya sekedar menjual barang atau jasa yang bermutu tinggi (Hussain, 2009). UMKM perlu menganalisis kebutuhan dan permintaan dari setiap konsumen dan merancang strategi agar lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu cara tepat, agar UMKM dapat mengetahui konsumennya menurut kebutuhan dan keinginan konsumen. Salah satu UMKM yang dituntut untuk terus menjalin hubungan yang baik dengan konsumen adalah Highland Roastery. Highland Roastery menjual kopi arabika asli dari Yahukimo. Dalam menjalankan bisnisnya selama ini Highland Roastery belum menerapkan hubungan dengan pelanggan yang baik. Oleh sebab itu, Highland Roastery harus mampu menganalisis informasi mengenai kebutuhan dan kebutuhan konsumen. Dengan cara melakukan klasterisasi loyalitas konsumen dimana konsumen diklasterisasi sesuai dengan karakteristik yang akan ditentukan, dari hasil klasterisasi loyalitas konsumen akan menghasilkan strategi-strategi pemasaran yang akan dibuat berdasarkan karakteritik konsumen Highland Roastery. Recency, Frequency, and Monetary (RFM) merupakan salah satu metode yang digunakan dalam mengukur tingkat keloyalan konsumen yang dilihat dari pola perilaku transaksi masa lalu (Miglautsch, 2000). Klasterisasi loyalitas konsumen dengan menggunakan model RFM dapat mengidentifikasikan tingkat loyalitas konsumen, dari hasil tersebut akan menghasilkan beberapa strategi pemasaran yang dibuat berdasarkan karakteristik dari masing-masing konsumen. Oleh sebab itu penulis tertarik melakukan penelitian tersebut dengan menggunakan pendekatan RFM untuk mengkalsifikasikan seberapa besar loyalitas konsumen yang berguna dalam strategi pemasaran Highland Roastery.
References
Gitomer, Jeffrey. (2011). Customer Satisfaction is Worthless, Customer Loyalty is Priceless. Atlanta: Bard Press.
Husein Umar. (2009). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Persada
Miglautsch, John R. (2000). Thoughts on RFM scoring. USA:Springer