ANALISIS PEMASARAN IKAN LELE DUMBO <em>(Clarias gariepenus)</em> DI JAYAPURA

Penulis

  • Jhon Pilipus Tokkan
  • Ervina Indrayani
  • Kristhopolus K. Rumbiak

Kata Kunci:

Marketing, Lele Dumbo, Pemasaran

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana saluran pemasaran ikan lele dumbo (Clarias gariepenus) di Jayapura dan mengetahui efisiensi pemasaran ikan lele dumbo (Clarias gariepenus) di Jayapura. Penelitian ini akan dilaksanakan selama empat bulan yaitu Juli-Oktober 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan wawancara. Efisiensi pemasaran dipengaruhi oleh pendeknya saluran pemasaran. Pada tabel 4.7 terlihat bahwa Pasar Youtefa dan Pasar Sentani Baru mempunyai efisiensi <5% sehingga pemasaran Ikan Lele Dumbo di Pasar Youtefa dan Pasar Sentani Baru termasuk dalam kategori efisien. Dimana Pasar Youtefa memiliki efisiensi sebesar 2,1% sedangkan Pasar Sentani Baru memiliki efisiensi sebesar 3,25%. Menurut Soekarwati, (2002) pemasaran efisien mempunyai kriteria, apabila efisiensi pemasaran <5% maka dikatakan efisien sedangkan efisiensi pemasaran >5% dikatakan tidak efisien.

Referensi

Nasrudin. 2010. Jurus Sukses Beternak Lele Sangkuriang. Agromedia Pustaka. Jakarta

Ismail G. Supardi S. Dan Wahyuningsih, 2008, Analysis Efisiensi Marketing System of Fresh Laying Fish on Pelabuhan Fish Auction in Tegal City Jurnal Mediaagro. Volume IV (2) : 39 – 50

Hendrayani, E., Sitinjak, W., Kusuma, G.P.E., Yani, D.A., Yasa, N.N.K., Chandrayanti, T., Wisataone, V., Wardhana, A., Sinaga, R. and Hilal, N., 2021. Manajemen Pemasaran (Dasar & Konsep). Media Sains Indonesia.

Aramana, J., Suhaeni, S., Longdong, F. V., Sondakh, S. J., Rantung, S. V., & Rumampuk, N. D. 2021. Dampak Covid-19 Terhadap Usaha Pemasaran Ikan Roa Asap Di Desa Kinabuhutan Kecamatan Likupang Barat Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara. Akulturasi: Jurnal Ilmiah Agrobisnis Perikanan, 9:78-90.

Bawinto, Y. O., Suhaeni, S., & Wagiu, M. H. 2016. Sistem Pemasaran Ikan Cakalang Fufu di Kelurahan Sindulang Satu Kota Manado. Akulturasi: Jurnal Ilmiah Agrobisnis Perikanan, 4(7).

Sarwanto, C., Wiyono, E. S., Nurani, T. W., & Haluan, J. 2014. Kajian Sistem Pemasaran Ikan Hasil Tangkapan Nelayan Di Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Diy. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 9: 207-217.

Annisa, I., Asmarantaka, R. W., & Nurmalina, R. 2018. Efisiensi Pemasaran Bawang Merah (Kasus: Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah). Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8:254-271.

Mubyarto. 2002. Pengantar ekonomi pertanian. Edisi ketiga. Jakarta: PT. Pustaka. Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Ikan Tongkol Hasil Tangkapan Nelayan di Desa Saraya Timur Kecamatan Kerangasem. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Volume 11 No. 2 Tahun 2019

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-27