Perancangan Sistem Informasi Penyewaan Soundsystem, Alat Musik dan Audio Visual Berbasis Web

Penulis

  • Emy Lenora Tatuhey Universitas Sepuluh Nopember Papua
  • Rafaely Walangitan Universitas Sepuluh Nopember Papua

DOI:

https://doi.org/10.31957/kjtip.v1i2.66

Kata Kunci:

Sistem Informasi, penyewaan sound system, UML, Waterfall

Abstrak

Vicca Sera merupakan salah satu perusahan yang menawarkan jasa penyewaan Sound system,Audio visual dan alat musik. Vicca Sera menawarkan berbagai macam alat yang berupa seperti sound sytem, mic, audio, speaker, Lighting, Gitar, Bass, Drum, piano, cajon dan alat musik lainnya. Sebagai salah satu penyedia layanan penyewaan alat musik, pengolahan data penyewaan barang yang dikerjakan oleh pegawai masih dengan cara manual. Sistem manual di Vicca Sera mengakibatkan informasi dan transaksi pelanggan hanya tercatat di buku atau kuitansi, kesalahan harga, ketidak-teraturan pengelolahan data, keterlambatan, dan kesalahan informasi terkait laporan yang diperlukan dalam pencatatan data yang tidak efektif dan efisien. sehingga perlu membangun system informasi penyewaan berbasis website. Dalam penilitian ini menggunakan metode pengembangan waterfall dengan tahapan analisis kebutuhan system, desain system, implementasi dan pengujian. Untuk percangan system menggunakan UML (unifed modelling language) dengan use case dan class diagram. Sedangkan untuk implementasi menggunakan Bahasa pemrograman php dan database yang digunakan yaitu MySQL. Untuk pengujian menggunakan metode blackbox. Hasil dari pengujian blackbox yang dilakukan pada setiap tools yang ada pada website berfungsi seperti yang di inginkan. Hasil dari penilitian ini adalah mempermudah manajemen pengelolahan laporan,  layanan transaksi, dan layanan penyewaan serta mempersingkat proses penyewaan dan proses transaksi yang dilakukan oleh konsumen pada Vicca Sera.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Drs. Azhari, Asep Nurhuda, Arisandi, “Sistem Informasi Penyewaan Studio Dan Alat Musik Pada Gamelan Music Studio (Gms) Samarinda Berbasis Web,” Jurnal Informatika Wicida.

A. A. Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” Jurnal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK, Oktober 2020.

Ausa ’A Rizqika, M. Ramdhani Raharjo, dan Yusup Indra Wijaya, “ Aplikasi Penyewaan Alat Musik dan pengolahan data pada bali musik studio banjarmasin berbasis web,” Eprints Uniska, 2021.

Widyawati, Ramdani Budiman, Andika Bayu Saputra, Anna Rosdiana, ”Perancangan Sistem Informasi Penyewaan Studio Musik Pada Wayzon Studio Musik,” Jurnal Sistem Informasi dan Informatika (Simika), Vol.6 No.1, 2023.

Ervin Dwi Yandika, Nia Janiati, “ Sistem Penyewaan Studio Dubbing Berbasis WEB pada Studio El Toro di Jakarta Selatan,” Jurnal Esensi Infokom, Vol 4 No. 2, Oktober 2020.

Aceng Abdul Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” Jurnal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK, ISSN : 1978-3310, Oktober 2020.

Unduhan

Diterbitkan

09/19/2023

Cara Mengutip

Tatuhey, E. L., & Walangitan, R. (2023). Perancangan Sistem Informasi Penyewaan Soundsystem, Alat Musik dan Audio Visual Berbasis Web . Kombrof Jurnal Teknologi Informasi Papua, 1(2), 45–49. https://doi.org/10.31957/kjtip.v1i2.66