Rancang Bangun Sistem Informasi Rekam Medis Puskesmas Elly Uyo Dengan Metode Rad (Rapid Application Development)

Penulis

  • Emy L Tatuhey Universitas Sepuluh Nopember Papua
  • Boney Bun Universitas Sepuluh Nopember Papua
  • Junus J Luanmasa Universitas Sepuluh Nopember Papua

Kata Kunci:

Sistem Informasi rekam medis, Metode RAD, Puskesmas, Website

Abstrak

Sistem informasi sangatlah penting bagi setiap instansi kesehatan, selain dalam mempermudah dalam pengelolahan datanya, juga dapat meningkatkan efesien dalam bekerja, namun dibalik berkembangnya teknologi pada setiap puskesmas,  pencatatan rekam medis yang berjalan di Puskesmas Elly Uyo dihadapkan dengan beberapa permasalahan pengelolahan data diantara lain pencacatan, pencarian dan penyimpanan rekam medis yang masih dilakukan secara manual sehingga membutuhkan waktu dalam pembuatannya lalu permasalahan lainnya ada pembersihan arsip yang dimana dalam kurun tiga tahun tidak mengalami pembaharuan akan di hapus dari gudang arsip yang merugikan pasien lama yang kembali berobat setelah tiga tahun. Oleh karena itu pelayanan pasien di Puskesmas Elly Uyo menjadi kurang efektif dan efisien. Sistem ini dibangun menggunakan metode penelitan RAD yang dimulai dari mencari kebutuhan sistem dengan melakukan penelitian langsung ke puskesmas dengan melakukan wawancara dan juga membaca penelitian sebelumnya lalu rancangan desain yang menggunakan UML yang menggunakan usecase diagram, activity diagram dan class diagram dan pengujian menggunakan Black Box dengan melakukan beberapa tes apakah aplikasi berjalan dengan semestinya atau tidak. Setelah melewati tiga tahapan itu hasil akhir yang diharapkan ialah rancangan sistem informasi rekam medis ini dapat membantu pihak puskesmas khususnya di bagian rekam medik dalam manajamennya seperti penambahan datanya, pembaharuan datanya, dan juga pencarian datanya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Tatuhey, Emy L. "PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA STIMIK SEPULUH NOPEMBER JAYAPURA MENGGUNAKAN METODE RAD." SENSITIf: Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. 2019.

M. Amin, M. Maskur, and W. Suharso, “Rancang Bangun Sistem Informasi Rekam Medis Menggunakan Model Rapid Application Development (RAD),” Jurnal Repositor, vol. 2, no. 2, pp. 137–144, Feb. 2020, doi: 10.22219/REPOSITOR.V2I2.375.

F. M. Raihan, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS PADA KLINIK SAFFIRA SENTRA MEDIKA BATAM,” Jurnal Sains, Nalar, dan Aplikasi Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, Aug. 2021, Accessed: Apr. 25, 2023. [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/jurnalsnati/article/view/20066

A. Prasetyo and M. S. Azis, “Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Pada Puskesmas Jomin Berbasis Web,” Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 13, no. 2, pp. 31–38, Jul. 2018, doi: 10.35969/INTERKOM.V13I2.28.

Tatuhey, Emy Lenora. "Analisis Pengembangan ERP System pada PT. Galilea Komputer." Proceeding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Vol. 1. No. 1. 2018.

Helling, Lydia Salvina, Endang Wahyudi, and Hasanudin Hasanudin. "Siremis: sistem informasi rekam medis puskesmas kecamatan matraman jakarta." INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi 3.2 (2019): 116-129.

Imran, Yola Vandani, and Sali Setiatin. "Perancangan sistem informasi rekam medis pasien rawat jalan berbasis web di rsud pasaman barat." Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) 12.2 (2021): 153-165.

Diterbitkan

09/15/2023

Cara Mengutip

Tatuhey, E. L., Bun, B., & Luanmasa, J. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi Rekam Medis Puskesmas Elly Uyo Dengan Metode Rad (Rapid Application Development). Kombrof Jurnal Teknologi Informasi Papua, 1(2), 66–70. Diambil dari https://ejurnal.fmipa.uncen.ac.id/index.php/KJTIP/article/view/165