Analisis Pengaruh Radiasi Matahari Terhadap Perubahan Suhu di Sumbersari Jember

Authors

  • Ummi Zahrotul Ainiyah
  • Sudarti Sudarti Universitas Jember
  • Yushardi Yushardi Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.31957/jfp.v3i1.100

Keywords:

Radiasi Matahari, Perubahan Suhu, Sumbersari Jember

Abstract

Penelitian mengenai Radiasi Matahari dan Suhu Lingkungan di Desa Sumbersari Kecamatan Sumbersari yang berjudul  Analisis Pengaruh Radiasi Matahari Terhadap Perubahan Suhu di Sumbersari Jember. Kegiatan penelitian ini dilakukan guna untuk mengetahui pengaruh dari  radiasi terhadap perubahan suhu lingkungan. Dengan adanya kegiatan penelitian atau survey ini untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang ada. Pada penilitian yang dilakukan akan membahas mengenai pengaruh radiasi terhadap suhu yang ada di lingkungan Desa Sumbersari. Kegiatan penilitian dilakukan pada tanggal 7-9 Oktober 2023 yaitu pada hari Sabtu hingga hari Senin. Metode yang dilakukan yaitu penelitian menggunakan bantuan berupa aplikasi di smartphone yang dapat digunakan untuk melihat perubahan suhu disetiap jamnya, aplikasi yang digunakan yaitu berupa aplikasi BMKG. Setelah penelitian dilakukan, maka didapatkan hasil yang dapat menjawab permasalahan yang ada. Berdasarkan penelitian yang dilakukan radiasi matahari mempengaruhi perubahan suhu pada lingkungan. Faktanya perbedaan suhu pada setiap jam dapat dipengaruhi oleh radiasi matahari. Ketika hari semakin siang, maka yang akan terjadi yaitu suhu temperatur akan mencapai titik tertinggi. Kemudian pada saat pagi hari ataupun malam hari suhu yang terjadi  mulai menurun.

References

Sianturi, Y. 2021. Pengukuran dan Analisa Data Radiasi Matahari di Stasiun Klimatologi Muaro Jambi. Megasains. 12(1): 40-47.

Hamidy, A. N. S. Sudarti., dan Y. Yushardi. 2021. Analisis Perubahan Suhu Lingkungan Terhadap Kenyamanan Masyarakat Di Desa Sumber Tengah. Jurnal Pembelajaran Fisika , 10 (2), 70-76.

Raisal, A. Y., H. Putraga., M. Hidayat., dan A. J. Rakhmadi, A. J. 2021. Analisis Pengaruh Aphelion Dan Perihelion Terhadap Suhu Menggunakan Weather Station. Jurnal Environmental Science. 3(2)

Fajrony, E., R. P. Aryasta., J. Napitupulu., J. M. Siburian., dan J. Sinaga. 2023 . Analisa Energi Keluaran Modul Panel Surya Menggunakan Kaca Cermin

Hutagalung, F., P. B. Timotiwu., Y. C. Ginting., dan T. K. B. Manik. 2021. PENGARUH Pengurangan Intensitas Radiasi Matahari Terhaap Pertumbuhan dan Kualitas Selada Romaine (Lactuca sativa var. Longifolia). Jurnal Agrotek Tropika, 9(3): 453-461.

Deqita, A., dan Sudarti 2022. Analisis Intensitas Radiasi Matahari Dan Peningkatan Suhu Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains. 5(2): 76-82.

Asrori, A., dan H. S. Jaya. 2023. Pengaruh Radiasi Matahari dan JenisMaterial Coil pada PV-Module Solar Electric Cooker. Steam Engineering. 4(2): 77-87.

Zannah, H., dan S. Sudarti. 2022. Analisis Perubahan Suhu Lingkungan Terhadap Kualitas Hidup Masyarakat di Desa Sumorame. CERMIN: Jurnal Penelitian. 6(1): 223-231.

Philia, C. L. 2023. Analisis Perubahan Suhu Permukaan Daratan di Kecamatan Ternate Tengah Menggunakan Google Earth Engine Berbasis Cloud Computing. E-JOINT (Electronica and Electrical Journal Of Innovation Technology). 4(1): 16-20.

Jannah, A. N., dan Sudarti. 2021. Hubungan Perubahan Cuaca dengan Indeks Kecerahan Matahari, Suhu Lingkungan dan Kelembapan Udara di Desa Karanganyar. Karst: JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA. 4(1): 27-32.

Downloads

Published

2024-02-29

How to Cite

Ainiyah, U. Z., Sudarti, S., & Yushardi, Y. (2024). Analisis Pengaruh Radiasi Matahari Terhadap Perubahan Suhu di Sumbersari Jember. Jurnal Fisika Papua, 3(1), 37–40. https://doi.org/10.31957/jfp.v3i1.100