Optimalisasi Manajemen Laboratorium sebagai Penunjang Akademik dalam Pembelajaran Fisika di SMAN Arjasa Jember

Authors

  • Ike Triwulandari Universitas Jember
  • Najma Zahiroh Fauziah Universitas Jember
  • Umi Fatimah Universitas Jember
  • Defina Saghy Marspinta njmzhrh@gmail.com
  • Aji Bagus Maulana Saputra Universitas Jember
  • Oktaria Ayu Regilia Putri Universitas Jember
  • Lailatul Nuraini Universitas Jember
  • Alex Harijanto Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.31957/jfp.v3i1.101

Keywords:

Manajemen Laboratorium Fisika, Efektivitas, Belajar, Praktikum

Abstract

ABSTRACT 

 

This research aims to optimize laboratory management as academic support in the physics learning process at SMAN Arjasa Jember. Through this research, it is hoped that it can provide a good learning experience for students and increase the effectiveness of physics learning. The research methods used were direct observation, interviews, and literature study. The data collected includes information about the condition of the physics laboratory, existing facilities and infrastructure, as well as the performance of the lab structure in managing the physics laboratory at SMAN Arjasa. The results of the research conducted show that the management of the physics laboratory at SMAN Arjasa Jember is optimal. Sufficiently complete practical equipment and materials, good maintenance and supervision of equipment, and skilled teachers in using the laboratory as a learning tool. However, there are several shortcomings in laboratory management at this high school, namely regarding cleanliness in the laboratory itself. Based on the data obtained, several things are recommended to improve physics laboratory management at SMAN Arjasa Jember. Things that can be done are improving cleanliness in the physics laboratory at SMAN Arjasa. It is hoped that by optimizing physics laboratory management, physics learning at SMAN Arjasa Jember can become more comfortable, interactive and effective. In addition, students can also develop their understanding and practical skills in physics, and gain a better learning experience.

 

Keywords: Physics Laboratory Management, Effectiveness, learning, practicum

 

ABSTRAK 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan manajemen laboratorium sebagai penunjang akademik dalam proses pembelajaran fisika di SMAN Arjasa Jember. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang baik bagi siswa serta dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah pengamatan secara langsung, wawancara, dan studi literatur. Data yang dikumpulkan meliputi informasi tentang kondisi laboratorium fisika, sarana dan prasarana yang ada, serta kinerja struktur lab dalam memanajemen laboratorium fisika di SMAN Arjasa. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa manajemen laboratorium fisika di SMAN Arjasa Jember sudah optimal. Peralatan dan bahan praktikum yang cukup lengkap, pemeliharaan dan pengawasan terhadap peralatan yang baik, serta terampilnya guru dalam menggunakan laboratorium sebagai sarana pembelajaran. Namun terdapat beberapa kekurangan dalam manajemen laboratorium di sma ini yakni mengenai kebersihan di dalam laboratorium itu sendiri. Berdasarkan data yang diperoleh, direkomendasikan beberapa hal untuk meningkatkan manajemen laboratorium fisika di SMAN Arjasa Jember. Hal hal yang dapat dilakukan yaitu dengan meningkatan kebersihan di laboratorium fisika di SMAN Arjasa. Diharapkan dengan optimalisasi manajemen laboratorium fisika, pembelajaran fisika di SMAN Arjasa Jember dapat menjadi lebih nyaman, interaktif, dan efektif. Selain itu, siswa juga dapat mengembangkan pemahaman dan keterampilan praktis mereka dalam fisika, serta memperoleh pengalaman belajar yang lebih baik. 

Kata kunci: Manajemen Laboratorium Fisika, Efektivitas, belajar,praktikum

References

Anggraeni, S., Suhardiman, S., dan Amaliah R. (2021). Analisis ketersediaan peralatan, bahan ajar, administrasi laboratorium, keterlaksanaan kegiatan praktikum di laboratorium fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3): 414.

Gunawan, I. (2019). Managemen pengelolaan alat dan bahan di laboratorium mikrobiologi. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan, 1 (1): 19-25

Gustini, N., dan Wulandari, W. (2020). Manajemen Laboratorium Sains Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5 (2): 231-244.

Iswanto, D., dan Mulyono, H. B. (2021). Analisis manajemen laboratorium terpadu mikroskopis di fakultas kedoteran universitas cendrawasih jayapura papua (studi kasus). Indonesia Journal of Laboratory, 4 (1): 21-29.

Permendiknas No. 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prsarana untuk SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA.

Downloads

Published

2024-03-08

How to Cite

Triwulandari, I., Fauziah, N. Z., Fatimah, U., Marspinta, D. S., Saputra, A. B. M., Putri, O. A. R., Nuraini, L., & Harijanto, A. (2024). Optimalisasi Manajemen Laboratorium sebagai Penunjang Akademik dalam Pembelajaran Fisika di SMAN Arjasa Jember. Jurnal Fisika Papua, 3(1), 15–20. https://doi.org/10.31957/jfp.v3i1.101

Most read articles by the same author(s)