Analisis Standarisasi Laboratorium IPA dalam Mendukung Proses Belajar Pembelajaran di MA Darus Sholah Jember

Authors

  • Rosa Fahriatuz Zahra
  • Amalia Nurdina Sari Universitas Jember
  • Dayang Nur Aqila Universitas Jember
  • Arinda Maharani Universitas Jember
  • Nara Ratih Nur Puspitasari Universitas Jember
  • Arini Maulidiya Lajuardi Universitas Jember
  • Lailatul Nuraini Universitas Jember
  • Alex Harijanto Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.31957/jfp.v3i1.125

Keywords:

Standarisasi Laboratorium, Standarisasi Manajemen, Laboratorium IPA

Abstract

Laboratorium sekolah yang baik harus memenuhi kelengkapan peralatan dan memperhatikan fasilitas penunjang sebagaimana yang ditetapkan oleh Permendiknas No. 24 Tahun 2007 tentang standarisasi laboratorium. Dalam era pendidikan modern, laboratorium dianggap sebagai sarana yang penting untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep-konsep ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui standarisasi laboratorium IPA di MA Darus Sholah Jember. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengambilan data melalui obseravasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laboratorium di MA Darus Sholah Jember memenuhi standar manajemen laboratorium yang baik. Hal ini dapat dilihat dari beberapa aspek seperti perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi, dan pengembangan.  Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa daya dukung alat dan bahan seharusnya ditata kembali dan disesuaikan dengan klasifikasi yang meliputi berat, sifat, alfabet, dan jenis lainnya. Dengan adanya klasifikasi tersebut dapat memudahkan untuk mencari dan memakai alat dan bahan yang akan digunakana.

References

Agustina, M. 2018. Peran laboratorium ilmu pengetahuan alam (ipa) dalam pembelajaran ipa madrasah ibtidaiyah (mi)/sekolah dasar (sd). At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam. 1-10.

Cahyani, V. P. 2022. Analisis Pengelolaan Laboratorium IPA di SMAN 1 Geger Madiun Berdasarkan Standar Manajemen Laboratorium. In Annual International COnference on Islamic Education for Students. 1(1) : 351-360.

Dharmayanti, W., Ratih, W, N., Isnania, L. 2017. Pengaruh kondisi kelas, fasilitas laboratorium, dan fasilitas pendukung pembelajarn terhadap kenyamanan belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. 6 (2): 234.

Emda, A. 2017. Laboratorium sebagai sarana pembelajaran kimia dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kerja ilmiah. Lantanida journal. 5(1) : 83-92.

Ernawati, T., dan S, Susanti. 2022. Skill manajemen laboratorium: sebuah perspektif bagi mahasiswa pendidikan ipa. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. 1 (1) : 787-799.

Gusnani, Y., M. Chiar, dan S. Sukmawati. 2018. Pengelolaan Laboratorium IPA di Madrasah Tsanawiyah. In Proceedings International Conference on Teaching and Education (ICoTE). 2 (1) : 135-140.

Kusyanti, R, N, T. 2022. Analisis standarisasi laboratorium fisika dalam mendukung implementasi kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Tempel. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru. 8(1): 42.

Neny I., R. Windasari., Andika., Vivin., dan A. Aziz. 2021. Identifikasi Standarisasi Laboratorium IPA Di Salah Satu MTs Jember. Jurnal Pendidikan IPA. 2 (1).

Nurhadi, A. 2018. Manajemen laboratorium dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. 4(01) : 1-12.

Rosa, N. M., dan F. P. Nursa'adah. 2018. Kontribusi laboratorium kimia dan sikap siswa terhadap pemanfaatan laboratorium terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. 7(3) : 198-206.

Rahmantiyoko, A., Sri, S., Fataty, K, R., Sopet, Slamet. 2019. Keselamtan dan keamanan kerja laboratorium. IPTEK Journal of Proceedings Series.4 (1): 36

Zahara, N., & Agustina, E. 2019. Pemanfaatan dan Pengelolaan Laboratorium bagi Guru IPA di Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Swasta Aceh Besar. In Prosiding Seminar Nasional Biotik. 6 (1).

Downloads

Published

2024-02-29

How to Cite

Zahra, R. F. ., Sari, A. N., Aqila, D. N., Maharani, A., Puspitasari, N. R. N., Lajuardi, A. M., Nuraini, L., & Harijanto, A. (2024). Analisis Standarisasi Laboratorium IPA dalam Mendukung Proses Belajar Pembelajaran di MA Darus Sholah Jember. Jurnal Fisika Papua, 3(1), 31–36. https://doi.org/10.31957/jfp.v3i1.125

Most read articles by the same author(s)