Model Regresi Dummy Dalam Memprediksi Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Fmipa Uncen

Authors

  • Sharon Novita Sedubun Universitas Cenderawasih

Keywords:

Regresi Dummy, Regresi Sederhana,, Indeks Prestasi Kumulatif, Regresi Berganda,

Abstract

Indeks Prestasi Kumulatif merupakan hasil komponen pendidikan yang diperoleh mahasiswa selama menempuh jenjang perkuliahan. Mahasiswa memperoleh IPK mulai dari semester satu sampai dengan terakhir. Kualitas output mahasiswa tidak terlepas dari kualitas input mahasiswa yang masuk ke dalam suatu program studi. Beberapa yang dapat mengukur kualitas input mahasiswa adalah nilai ujian nasional (UN), asal sekolah (negeri atau swasta), jalur masuk, dan jenis kelamin. Karena variabel yang dianggap dapat mempengaruhi IPK memiliki 2 jenis variabel, yaitu kuantitatif dan kualitatif maka cara yang sederhana untuk mengkuantifikasi variabel kualitatif dalam model regresi adalah dengan variabel dummy. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan matematika, program studi matematika dan sistem informasi dengan tahun  masuk 2014, 2015, dan 2016 sebanyak 105 mahasiswa. Hasil dari penelitian ini, berdasarkan analisis regresi sederhana dan berganda terlihat bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap IPK adalah Nilai UN dan jenis kelamin, dimana nilai sebesar 0.525 dapat dikatakan bahwa keragaman nilai IPK mahasiswa jurusan matematika dapat dijelaskan oleh nilai UN dan jenis kelamin sebesar 52,5% sedangkan 47,5% dijelaskan oleh variabel lain.

Published

2023-05-12

How to Cite

Sedubun, S. N. (2023). Model Regresi Dummy Dalam Memprediksi Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Fmipa Uncen. ALPHA Jurnal Ilmiah Matematika Dan Terapan, 1(1), 14–23. Retrieved from https://ejurnal.fmipa.uncen.ac.id/index.php/AJIM/article/view/36