This is an outdated version published on 2023-12-06. Read the most recent version.

PRAKTIKUM PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS VIRTUAL LABORATORIUM

Authors

  • Siti Hajar Universitas Cenderawasih
  • Muhammad Akbari Universitas Cenderawasih
  • Adeline Silaban Universitas Cenderawasih
  • Jan Pieter Universitas Cenderawasih
  • Putu V. M Risamasu Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31957/ejpipt.v1i1.111

Keywords:

Praktikum, Berbasis Virtual Laboratorium, MTs Muhammadiyah Jayapura

Abstract

Telah dilaksanakan pengabdian kepada masyarakat di MTs Muhammadiyah Jayapura yang bertema Desain Praktikum Rangkaian Listrik Dengan Menggunakan VBA Exel. Peserta terdiri dari 19 peserta didik yang berasal dari kelas VIII MTs Muhammadiyah Jayapura. Melakukan Praktikum Fisika Berbasis Virtual Laboratorium diambil atas keperihatinan akan kurangnya pengetahuan maupun pemahaman peserta didik terkait Microsoft exel karena yang mereka ketahui bahwa Microsoft exel itu hanya digunakan untuk membuat jadwal mata pelajaran mereka saja. Sehingga selama ini peroses pembelajaran fisika hanya dengan ceramah dengan menjelaskan fenomena fisika secara teoritis, maupun praktikum secara manual. Manual yang dimaksud disini adalah mereka menggunakan alat-alat praktikum yang tersedia disekolahnya sehingga mereka merasa susah dalam berhitung materi fisika yang menggunakan rumus. Untuk mengatasi hal tersebut maka dilakukan pelatihan Praktikum Fisika Berbasis Virtual Laboratorium kepada peserta didik dan guru guna meningkatkan pemahaman pada peserta didik di MTs Muhammadiyah Jayapura. Pelatihan hanya terdiri dari 1 modul/ LKPD praktikum yaitu Optik yang terdiri dari Lensa Cekung dan Lensa Cembung. Dari pelatihan diatas diharapkan guru dapat memanfaatkan Microsoft exel untuk membuat desain praktikum yang berkaitan dengan fisika untuk mengatasi kekurangan pemahaman peserta didik terkait penggunaan Microsoft exel

References

Swandi, B. D. Amin, S. Viridi, and F. D. Eljabbar, 2020. Harnessing Technology-Enabled Active Learning Simulations (Tealsim) On Modern Physics Concept, J. Phys. Conf. Ser., Vol. 1521, No. 2

A. Swandi, S. H. Nurul, and Irsan. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual untuk Mengatasi Miskonsepsi Pada Materi Fisika Inti di SMAN 1 Binamu, Jeneponto. Vol. 18, No. 52, PP. 20–24.

Amalya, E., Rahmad, M., & Syahril. 2017. Perancangan Visualisasi Gelombang Berbasis VBA Dengan Microsoft Excel Sebagai Media Pembelajaran Fisika Siswa Sma. Jurnal Geliga Sains, 5(2), 95–103

B. D. Amin and A. Mahmud. 2016. The Development of Physics Learning Instrument Based on Hypermedia and Its Influence on the Student Problem Solving Skill, J. Educ. Pract., Vol. 7, No. 6, pp. 22–28, 2016.

B. D. Amin, A. Haris, and A. Swandi, Implementation of Physics Learning Based on Hypermedia To Enhance Student’S Problem Solving Skill, Int. J. Teach. Educ., vol. VII, No. 2, pp. 1–11.

Bajpai, M dan Kumar, A. 2015. Effect of Virtual Laboratory on Students Conceptual Achievement in Physics.International Journal of Current Research. Vol 7, Issue 02, pp. 12808-12813, ISSN: 0975-833X

Gunawan, dkk. 2015. Studi Pendahuluan Pada Upaya Pengembangan Laboratorium Virtualbagi Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi(ISSN. 2407-6902). Volume I No 2.

Handayani, I. D., Margiantono, A., & Ahmad, F. 2018. Visualisasi perlayangan gelombang dengan memanfaatkan spreadsheet excel. Elektrikal, 10 (2), pp 33–36

Hidayati, A. F., & Puspitarini, I. D. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis VBA (Visual Basic Application) Dalam Excel Pada Materi Hukum II Newton. Seminar Nasional Fisika (SNF), 132–139

I. Kaniawati, Pengaruh Simulasi Komputer Terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep

Impuls-Momentum Siswa SMA,” Pembelajaran Sains, Vol. 1, No. 1, pp. 24–26, 2017.

Jaya, Hendra. 2012. Pengembangan Laboratorium Virtual Untuk Kegiatan Praktikum Dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, Nomor 1.

Mahesti Kudiastuti, dkk, 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (ISSN. 2407-6902) Volume II No 3.

M. Chodzirin. 2016. Pemanfaatan Information and Communication Technology bagi

Pengembangan Guru Madrasah Sub Urban,” Dimas J. Pemikir. Agama untuk Pemberdaya.,

Vol. 16, No. 2.

Novita, S. S., Khotimah, S. N., & Hidayat, W. 2016. Interactive learning media for lenses and their application using macro visual basic in microsoft powerpoint.Journal of Physics: Conference Series, 739.

Paken Pandiangan & a. Arkundato. 2012. Desain Model Eksperimen Virtual Fisika Berbasis

Visual Basic Application. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Universitas Terbuka.

Putri Iman Sari, dkk. 2016. Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Volume II No 4.

Trise Nurul, dkk. 2022. Pengembangan Simulasi Berbasis Visual Basic Application (VBA)

Spreadsheet Excel pada Pembelajaran Fisika Materi Gelombang. Jurnal ilmiah Pendidikan fisika. Vol. 6(1). Pp 155-163. DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i1.4435.

Wibowo, H. A. C. 2018. Rancang Bangun Simulasi Komputer Untuk Pembelajaran Fisika Pada Topik Selektor Kecepatan Dengan Metode Numerik Euler. IPA Veteran, 2(2), 141–148.

Downloads