PENINGKATAN PEMAHAMAN GURU TENTANG MATERI GEOMETRI BIDANG DI SD YPK 1 IMANUEL HAMADI KOTA JAYAPURA

Authors

  • Westy B. Kawuwung Universitas Cenderawasih
  • Epiphani I. Y. Palit Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31957/ejpipt.v2i1.172

Keywords:

SD YPK 1 Imanuel Hamadi, Guru, Geometri Bidang

Abstract

SD YPK 1 Imanuel Hamadi adalah sekolah swasta yang bernaung di Yayasan Pembelajaran Kristen (YPK) di tanah Papua. Terdapat 13 orang guru yang mengajar di sekolah yang terakreditasi B tersebut. Salah satu masalah yang dihadapi guru di sekolah tersebut adalah dalam mengajarkan materi geometri bidang. Hampir semua guru di sekolah tersebut mengalami kesulitan mengajarkan materi geometri bidang karena kurangnya pemahaman guru tentang konsep geometri yang berakibat guru menghadapi masalah dalam menjelaskan materi tersebut pada peserta didik. Untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi para guru di sekolah sasaran tersebut diputuskan untuk melaksanakan kegiatan pelatihan untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri bidang. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah tentang geometri bidang dengan menyertakan beberapa contoh guna membantu para guru untuk mengajarkan geometri bidang pada siswa. Evaluasi dilakukan dengan pemberian soal pre-test sebelum pemaparan materi dimulai yang hasilnya dibandingkan dengan soal post-test yang diberikan kepada para guru setelah pemaparan materi dilaksanakan. Hasil evaluasi menunjukkan tingkat pemahaman guru mengalami kenaikan sebesar 31% pada materi unsur dan sifat bangun datar, dan 58% pada materi hubungan antara bangun datar.

References

Budiarto, M.T. (2000). Pembelajaran Geometri dan Berpikir Geometri. Prosiding Seminar Nasional Matematika “Peran Matematika Memasuki Milenium III” Jurusan Matematika FMIPA ITS Surabaya.

Daimah, Ummu Soim dan Suparni, (2023), Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0, SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, Vol. 04, No.02, pp.131-139. doi: https://doi.org/10.36655/sepren.v4i1

Fasha, Eka Farida, (2017), Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Mathematics In Context Pada Kemampuan Dan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika ( JES-MAT), 3(1) : 87. DOI: http://dx.doi.org/10.25134/jes-mat.v3i1.472.

Kennedy, Leonard M. et al. (2008). Guiding Children’s Learning of Mathematics. USA: Thompson Higher Education.

Mardati, Asih dan Mukti Sintawati. (2019). Modul Bangun Datar. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Suharjana, Agus. Markaban dan Hanan WS. (2009). Geometri Bidang Datar dan Ruang Di SD, Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Peningkatan Mutu Pendididik dan Kependidikan Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Tenaga Pendididik Dan Kependidikan (PPPPTK) Matematik.

Widayati, E. W. (2022). Pembelajaran Matematika di Era “ Merdeka Belajar ”, Suatu Tantangan bagi Guru Matematika. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, Vol. 04, No. 01, pp.1–10. https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/770

Downloads

Published

2024-05-25 — Updated on 2024-05-25