PEMANFAATAN LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS ANDROID MENGUNAKAN APLIKASI EVERY CIRCUIT PADA PEMBELAJARAN RANGKAIAN LISTRIK

Authors

  • Muhammad Akbar Universitas cenderawasih
  • Adeline Silaban Universitas Cenderawasih
  • Siti Hajar Universitas Cenderawasih
  • Indah Slamet budiarti Universitas Cenderawasih
  • Albert lumbu Universitas Cenderawasih
  • bonefasius Yanwar boy Universitas Cenderawasih
  • Auldry F walukow Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31957/ejpipt.v2i1.173

Keywords:

Every circuit, laboratorium virtual, SMA N 1Kemtuk Gresi

Abstract

Telah dilaksanakan pengabdian kepada masyarakat di SMA N 1 Kemtik Gresi yang bertema pelatihan pemanfaatan laboratorium virtual berbasis android mengunakan aplikasi Every circuit pada materi Rangkaian Listrik. Peserta terdiri dari 26 peserta didik yang berasal dari kelas X, XI IPA, XII IPA SMA N 1 Kemtuk Gresi. Pemanfaatan laboratorium virtul diambil atas keperihatinan akan kurangnya fasilitas penunjan laboratorium untuk melaksanakan praktikum. Sehingga selama ini peroses pembelajaran fisika hanya dengan ceramah dengan menjelaskan fenomena fisika secara teoritis tampa melakukan praktikum. Untuk mengatasi hal tersebut maka dilakukan pelatihan pemanfaatan laboratorium virtual kepada peserta didik dan guru guna meninkatkan pemahaman konsep pada peserta didik di SMA N 1 Kentuk Gresi. Pelatihan terdiri dari 2 modul/ LKPD praktikum yaitu Hukum Ohm dan rangkaian seri paralel. Dari pelatihan diatas diharapkan guru dapat memanfaatkan modul praktikum virtual untuk mengatasi kekurangan alat-alat praktikum di laboratorium

Kata kunci: Every circuit,  laboratotium virtual, SMA N 1Kentuk Gresi

References

Anderson & Krathwohl. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. A Bridged Edition.

Ciepiela, E., Harężlak, D., Kocot, J., Bartyński, T., Kasztelnik, M., Nowakowski, P & Bubak, M. (2010). Exploratory programming in the vir- tual laboratory. In Computer Science and In- formation Technology (IMCSIT), Proceedings of the 2010 International Multiconference on (pp. 621-628). IEEE.

Chen, X., Song, G., & Zhang, Y. (2010). Virtual and remote laboratory development: A review.In Earth and Space 2010: Engineering, Sci- ence, Construction, and Operations in Chal- lenging Environments (pp. 3843-3852).

Elisa, Ainun Mardiyah & Rizky Ariaji. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika dan Aktivitas Mahasiswa Melalui Phet Simulation. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran). 1(1).

Giancolli, Douglas C. (1997). FISIKA Jilid I, Edisi Keempat. Terjemahan Cuk Imawan dkk. Jakarta: Erlangga.

Gunawan, A. Harjono1, H. Sahidu, L. Herayanti. (2017). Virtual Laboratory Of Electricity Concept To Improve Prospective Physics Teachers’ Creativity. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 13 (2), 102-111

Hamidi. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: asi Komputer untuk Pembelajaran Fisika pada Topik Selektor Kecepatan dengan Metode Numerik Euler, jurnal pendidikan IPA Veteran (JIPVA) 2(2)

Halliday David dan Robert Resnick. (1996). FISIKA Jilid I, Edisi Ketiga. Terjemahan Pantur Silaban dan Erwin Sucipto. Jakarta: Erlangga.

Kasyfi Rifqi Mouromadhoni, Heru Kuswanto. (2019). Visualisasi Karakter Gelombang Lissajous Pada Osiloskop Menggunakan Spreadsheet Microsoft Excel Pada

Pembelajaran Fisika.EDUSAINS,11 (2), 186-194

Lee, C. (2016). Belajar Excel macro VBA Step by Step. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Mulyatiningsih, Endang. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Riduwan. (2010). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta

Sagala, Syaiful. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alphabeta

Silaban, Bojongga. (2014). Hubungan Antara Penguasaan Konsep Fisika dan Kreativitas dengan Kemampuan Memecahkan Masalah pada Materi Pokok Listrik Statis. Jurnal Penelitian Bidang pendidikan. 20(1): 64-75

Sunil Kumar Katoch. (2020). MS-Excel Spreadsheet Applications in Introductory UnderGraduate Physics-A Review. Journal of Science and TechnologyVolume 5, Issue 3

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit CV lfabeta.

Tatli, Z., & Ayas, A. (2013). Effect of a Virtual Chemistry Laboratory on Students'

Achievement. Journal of Educational Technology & Society, 16(1),159-170.

Wiyanto. (2008). Menyiapkan Guru Sains Mengem- bangkan Kompetensi Laboratorium. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press

Downloads

Published

2024-05-31