MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA KULIAH HUKUM ADMINISTRASI NEGARA DI LINGKUNGAN FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM INSTITUT AGAMA ISLAM

Authors

  • Suarni. S Universitas Cenderawasih
  • Deppa Ringgi’ Universitas Cenderawasih
  • Ludia Jemina I.R. Reumy Universitas Cenderawasih
  • Ernita Rahmadhani Bym Universitas Sembilan Belas November
  • Muhammad Hasan BBPK Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31957/ejpipt.v2i1.178

Keywords:

Media, Pembelajaran Interaktif, Dosen, Mahasiswa

Abstract

Penggunaan Multimedia dalam pembelajaran interaktif merupakan salah satu bentuk perkembangan media pembelajaran, media pembelajaran interaktif cukup diminati termasuk mahasiswa Fakultas Syari’ah dan Hukum Institut Agama Islam Darud Da’wah Wal-Irsyad Sidenreng Rappang. Penggunaan media pembelajaran ini dipilih karena penggunaan media pembelajaran interaktif yang menggunakan teknologi cukup mudah dipelajari dan diakses oleh mahasiswa yang tidak perlu hanya pembelajran dalam bentuk konvensional dalam bentuk ceramah melainkan juga bisa menggunakan media untuk belajar dan bisa diakses di luar jam pembelajaran. Penggunakan media interaktif ini dapat digunakan melalui tahap persiapan yang terdiri dari menggunkan HP/laptop membuat media interaktif bisa dalam bentuk audio visual, dll yang dilakukan melalui tahapan mengumpulkan bahan seperti materi, menggunakan HP/Laptop dalam merekam, kemudian di edit menggunakan CapCut atau Canva setelah itu bisa diupload di youtube atau langsung menggunakan link di Canva. Adapun pelaksaan kegiatan ini menggunakan metode ceramah, diskusi, Tanya jawab, audiovisual, dan praktik pembuatan yang dilaksanakan melalui beberapa tahap yakni perencanaan, persiapan, pelaksanaan, penugasan dan evaluasi. Peserta kegiatan ini terdiri dari Dosen dan mahasiswa untuk memahami penggunanaan media interaktif memiliki banyak manfaat untuk pembelajaran. Dosen dan mahasiswa dapat memahami dan dapat meningkatkan keterampilan pembelajaran dengan tujuan untuk mendorong kemauan dan minat belajar mahasiswa.

References

Prastowo A. (2018). Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Kencana. Jakarta.

Kustandi C. Dan Darmawan D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Kencana. Jakarta.

Sumiharsono M. R. (2017). Media Pembelajaran. CV. Pustaka Abadi. Jember.

Shoffa S. dkk. (2021). Perkembangan Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi. CV. Agrapana Media. Bojonegoro.

Wibawanto W. (2017). Desain dan Program Multimedia Pembelajaran Interaktif. Cerdas Ulet Kreatif. Universitas Jember.

Downloads

Published

2024-05-31