PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GURU SATUAN PENDIDIKAN PPM AL-IKHLAS

Authors

  • Aulia Rahmadhani Universitas Sulawesi Barat
  • Andi Saddia Universitas Sulawesi Barat
  • Faizal Amir Universitas Sulawesi Barat
  • Sutrisno Universitas Sulawesi Barat
  • Ramlah Universitas Sulawesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.31957/ejpipt.v2i1.182

Keywords:

Canva, Media Pembelajaran, Guru

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini berpengaruh terhadap setiap aspek salah satunya pada bidang pendidikan. Salah satu contoh pengaruh teknologi dalam pendidikan adalah pemanfaatan IT dalam pembelajaran. Media pembelajaran merupakan komponen esensial dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran adalah salah satu komponen pembelajaran yang dapat membantu guru dalam memperluas pengetahuan peserta didik.  Setiap guru dituntut untuk mampu menguasai teknologi dan memanfaatkannya dalam pembelajaran. Salah satu contoh pemanfaatannya yaitu penggunaan aplikasi Canva dalam menyusun media pembelajaran. Pengabdian kepada masyarakat ini dengan tema Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Guru Satuan Pendidikan PPM Al-Ikhlas diangkat sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru khususnya pada Satuan Pendidikan PPM Al-Ikhlas dalam memanfaatkan teknologi khususnya aplikasi Canva dalam menyusun media pembelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Guru Satuan Pendidikan PPM Al-Ikhlas dengan memberikan pemaparan materi disertai latihan bagi guru-guru terkait penggunaan aplikasi Canva. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa sebanyak 62,5% peserta pelatihan setuju bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk dilakukan.

References

Arifin, A. N., Ismail, I., Daud, F., & Azis, A. (2021). Pelatihan Aplikasi Canva Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Technological Knowledge Guru Sekolah Menengah di Kabupaten Gowa. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 0. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/25748

Badri, M., Al Rashedi, A., & Mohaidat, J. (2013). School teachers’ technology readiness – An empirical study applying readiness factors and teacher type categorization. Proceedings of the 2013 International Conference on Information, Business and Education Technology (ICIBET-2013). 2013 International Conference on Information, Business and Education Technology (ICIBET-2013), China. https://doi.org/10.2991/icibet.2013.124

Bridgstock, R. (2016). Educating for digital futures: What the learning strategies of digital media professionals can teach higher education. Innovations in Education and Teaching International, 53(3), 306–315. https://doi.org/10.1080/14703297.2014.956779

Fadilah, N. U. (2024, Juni 12). MEDIA PEMBELAJARAN: Definisi, Manfaat dan Jenisnya dalam Pembelajaran. Retrieved from BDK Denpasar Kemenag: https://bdkdenpasar.kemenag.go.id/upload/files/Artikel%20Media%20Pe mbelajaran.pdf

Fedeli, L. (2018). School, curriculum and technology: The what and how of their connections. EDUCATION SCIENCES AND SOCIETY, 2, 4. https://doi.org/10.3280/ess2-2017oa5595

Ilham, S., Vázquez-Cano, E., & Novita, L. (2022). Use of Canva Application as a Learning Media. Al-Hijr: Journal of Adulearn World, 1(1), 9–15. https://doi.org/10.55849/alhijr.v1i1.499

Lusiana, B., & Maryanti, R. (2020). The Effectiveness of Learning Media Used During Online Learning. Media Pendidikan, Gizi, dan Kuliner, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.17509/boga.v9i2.38379

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Sari, D. P., Sukmawati, R. A., Pamuji, R., Hidayat, F., Suryandari, T. W., Ramadhan, C., & Arifah, N. (2022). Implementasi Canva untuk Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif bagi MGMP Matematika. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1491. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6079

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Umoh, M., Sheik, I., & Isong, M. B. (2020). Teaching and Learning With Media Technology. INTERNATIONAL JOURNAL OF INNOVATIONS IN ENGINEERING RESEARCH AND TECHNOLOGY [IJIERT], 7(5), 296 300.

Downloads

Published

2024-05-31