PENERAPAN APLIKASI MAPLE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI ARITMATIKA DAN DERIVATIF/ TURUNAN DI PANTI ASUHAN MUHAMADDIYAH ABEPURA JAYAPURA
DOI:
https://doi.org/10.31957/ejpipt.v2i2.211Keywords:
Puzzle Matematika, Cerdas Cermat Matematika, Puzzle, MapleAbstract
Pada era digital saat ini, komputer dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran untuk meningkatkan ketertarikan dan pemahaman peserta didik. Salah satu media pembalajaran matematika yang dapat menarik minat belajar peserta adalah dengan pemanfaatan aplikasi Maple. Maple adalah salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan komputasi simbolik, analisis numerik, pemrosesan data, visualisasi dalam bentuk grafik dan perhitungan keuangan. Aplikasi Maple memiliki banyak manfaat terutama dalam proses pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil wawancara awal diperoleh informasi bahwa sebagian besar peserta didik yang tinggal di Panti Asuhan Muhammadiyah Abepura Jayapura kekurangan motivasi dalam mempelajaran hitung-hitungan. Berdasarkan hal tersebut, Tim Pengabdian Masyarakat memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan pembelajaran matematika yang menyenangkan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pembelajaran games yang dipadukan dengan penggunaan aplikasi Maple. Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan pembelajaran matematika yang menyenangkan, menambah wawasan. Pada kegiatan ini peserta di ajarkan cara menyelesaikan soal Operasi Aritmetika dan Derivatif/ Turunan dengan menggunakan Aplikasi Maple. Beberapa pertanyaan pada games puzzle dan games cerdas cermat di validasi dengan menggunakan aplikasi Maple. Berdasarkan hasil evaluasi terhadap serangkaian aktivitas games yang telah dilakukan, diperoleh informasi bahwa peserta sangat senang dan antusias dalam mengikuti serangkaian games matematika serta latihan menggunakan Maple pada Materi Operasi Aritmetika dan Derivatif/ Turunan.
References
Erwin Qodariyah dan Agung Deddiliawan Ismai. (2012). Pembelajaran Kalkulus Dengan Maple. JURNAL HUMANITY. Volume 8, Nomor 1, ISSN: 0216-8995. Halaman: 144 – 154.
Faradiba Jabnabillah, Eko Sulistyono, dan Vitri Aprilla Handayani. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi MAPLE Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Solma. 12 (2), pp. 415-424. ISSN: 2614-1531.
Ilham Raharjo., Rasiman Rasiman., Mei Fita Asri Untari. (2021). Faktor Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Peserta Didik. Journal for Lesson and Learning Studies. Universitas Pendidikan Ganesa. Volume 4, Number 1, 2021pp. 96-101. P-ISSN: 2615-6148E-ISSN: 2615-7330.
Syafira P. A. dan Arlin A. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melaluicerdas Cermat Matematika Kelas Xi Ipa Sma Hang Tuah 1 Jakarta. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. Universitas Muhammadiyah Jakarta. E-ISSN: 2714-6286.
Vivi Ramdhani. (2019). Aplikasi Maple Dalam Penyelesaian Soal Matematika Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). 4 th International Conference on Education. Innovation in Islamic Education: Challenges and Readiness in Society 5.0.
Ziaul A. M.., Halikin I., Agustin, I. K. (2016). Panduan Maple untuk Guru SMA Dalam Pembelajaran Matematika Iteratif. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember.