PENGENALAN PENJUMLAHAN DAN PERKALIAN BILANGAN MENGGUNAKAN METODE MATEMATIKA GASING KEPADA PELAJAR SD-SMP DI LINGKUNGAN GGP JEMAAT AYALON ARGAPURA RESIMEN KOTA JAYAPURA

Authors

  • Korinus Nixon Waimbo Universitas Internasional Papua
  • Yane Oktovina Ansanay Universitas Cenderawasih
  • Melissa Aeudia Daullu Universitas Internasional Papua
  • Diouf Ayomi Universitas Internasional Papua
  • George Numberi Universitas Internasional Papua
  • Wenis Keduman Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31957/ejpipt.v2i2.215

Keywords:

penjumlahan, perkalian, metode gasing, pembelajaran interaktif dan eksploratif, siswa, gereja

Abstract

Penjumlahan dan perkalian bilangan adalah dua konsep fundamental dalam matematika yang harus dikuasai oleh siswa SD dan SMP. Namun, metode pembelajaran matematika di sekolah formal cenderung membuat siswa kesulitan untuk memahami dua konsep dasar ini. Salah satu solusi inovatif adalah penerapan metode pembelajaran Matematika GASING. Matematika GASING menawarkan pendekatan pembelajaran matematika inovatif berbasis konsep pembelajaran langkah demi langkah dan permainan interaktif dan exploratif agar pembelajaran Matematika menjadi gampang, asyik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan dan menerapkan metode GASING kepada pelajar SD dan SMP di lingkungan GGP Jemaat Ayalon Argapura Resimen, Kota Jayapura. Hasil tes awal sebelum diberikan metode Gasing dari 24 siswa menunjukan bahwa persentase siswa yang mampu mengerjakan penjumlahan 1 digit, 2 digit dan banyak digit serta perkalian 2 digit dan 3 digit secara berturut-turut adalah 55%, 60%, 20%, 45% dan 35%. Hasil tes akhir setelah diberikan Metode GASING menunjukan presentase meningkat menjadi 75%, 83% ,57%, 65%, dan 55%. Selain peningkatkan pemahaman matematis, respon peserta melalui peran aktif dalam berinteraksi selama proses pembelajaran GASING memberikan indikasi adanya antusias dan minat untuk belajar Matematika

References

Armianti, A., Wildan, D. N., Robiansyah, R., Trissiana, O., & Prahmana, R. C. I. (2016). Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa menggunakan pembelajaran Matematika GASING (Gampang, ASyIk, dan menyenaNGkan). Jurnal Elemen, 2(1), 27-38.

https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel/article/view/152/151

Diah, R., & Siregar, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Modifikasi Metode Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 1033-1042.

https://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/386/292

Lestari, O. R., & Hardini, A. T. A. (2022). Keefektifan Metode Matematika GASING Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Perkalian Dua Digit Untuk Siswa Kelas VI SD. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 2498-2506.

https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/3038/pdf

Novriani, M. R., & Yuanita, F. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Metode GASING (Gampang Asyik Menyenangkan). Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) Universitas Negeri Medan, 228-233.

https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26476/

Yohanes Surya. (2023). Buku Pedoman Teknis Matematika Gasing (Gampang Asyik Menyenangkan). Dinas Pendidikan Kabupaten Humbang Hasundutan.

https://dispen.humbanghasundutankab.go.id/user_image/files/BUKU%20PEDOMAN%20TEKNIS%20GASING.pdf

Downloads

Published

2024-11-07