PENGUATAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI APLIKASI WOLFRAM ALPHA DI SMA NEGERI 2 SKANTO, KABUPATEN KEEROM
DOI:
https://doi.org/10.31957/ejpipt.v2i2.221Keywords:
Penguatan, WOLFRAM ALPHA, SMA Negeri 2 SkantoAbstract
Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap efisiensi, efektivitas, dan kemajuan pada pembelajaran di sekolah menengah atas. Kehadiran aplikasi WOLFRAM ALPHA merupakan salah satu kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat mengubah pembelajaran yang bersifat monoton klasik menjadi modern dan menyenangkan. Pengabdian tentang penguatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui aplikasi Wolfram Alpha dilakukan di SMA Negeri 2 Skanto, Kabupaten Keerom. SMA Negeri 2 Skanto, Kabupaten Keerom menerapkan kurikulum Merdeka Belajar, di mana pembelajaran Ilmu pengetahuan Alam yang meliputi Fisika, Kimia, Biologi dan Matematika masih bersifat klasik dan terkesan monoton sehingga para siswa cenderung kurang tertarik untuk mempelajari dan mendalaminya. Kegiatan pengabdian ini memberikan dampak positif di mana metode dengan memanfaatkan teknologi aplikasi kecerdasan buatan Artificial Intelegence (AI) yaitu aplikasi WOLFRAM ALPHA para siswa menjadi lebih aktif, lebih fokus, dan lebih tertarik untuk belajar dan menyelesaikan berbagai soal khususnya soal-soal matematika dan IPA. Metode pengabdian yang digunakan adalah ceramah dan praktik. Ceramah dalam kelas berupa presentasi materi tentang aplikasi WOLFRAM ALPHA. Praktik dalam kelas berupa kegiatan penggunaan aplikasi WOLFRAM ALPHA yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal. Kegiatan ini berjalan dengan sangat baik di mana hal ini terlihat dari besarnya antusias dari para siswa yang mengikuti kegiatan hingga selesai.
References
Agustin, P.N., Lesmono, A.D., dan Bachtiar, R.W., 2017. Pembelajaran Fisika Di SMA Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD (Kajian: Di SMAN 1 Tapen Bondowoso), Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 6, No. 2, Juni 2017, pp. 201-207.
Argiatni, A., dan Andayani, S., 2021. Keefektifan Pendekatan STEM Berbantuan Wolfram Alpha Pada Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Motivasi dan Kemandirian Belajar, Jurnal riset Pendidikan Matematika, Vol. 8, No. 2, 2021, pp. 217 – 230.
Delvion, E.B.S., Kehi, Y.J., Naimnule, M., dan Bone, D., 2023. Penggunaan Aplikasi Wolfram Mathematica Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru SMAK Warta Bakti Kefamenanu, Jurnal Pengabdian Sains dan Humanioram Vol. 2, No. 1, Mei 2023, pp. 66 – 75.
Dwijono, Sunarno, W., dan Sugiyarto, 2013. Pembelajaran Biologi Dengan Pendekatan Starter Eksperimen (PSE) Melalui Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi Ditinjau Dari Keterampilan Proses Sains dan Kreativitas Siswa, Jurnal Ikuiri, Vol. 2, No. 2, 2013, pp. 124 – 133.
Databoks, 2024. Pengguna Internet di Indonesia Tembus 213 Juta Orang hingga Awal 2023, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/20/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-213-juta-orang-hingga-awal-2023, diakses Rabu 28 Februari 2024 pukul 15.00 WIT.
DataIndonesia, 2024. Sebanyak 7.88% Penduduk RI Gunakan Telepon Genggam pada 2022, https://dataindonesia.id/telekomunikasi/detail/sebanyak-6788-penduduk-ri-gunakan-telepon-genggam-pada-2022, diakses Rabu 28 Februari 2024 pukul 15.00 WIT.
Sutaryono, S.R., Mulyani, S., dan Ariani, S.R., 2014. Pembelajaran Kimia Dengan Metode Talking Stick Berbantuan Media Flash Dilengkapi Handout Untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Materi Pokok Ikatan Kimia Siswa Kelas X.4 SMA Negeri 1 Dayeuhluhur Tahun Ajaran 2010/2011, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 3, No. 3, Tahun 2014, pp. 121 – 128.
Rahayu, A.M., Badruzzaman, F.H., dan Harahap, E., 2021. Pembelajaran Aljabar Melalui Aplikasi Wolfram Alpha, Jurnal Matematika Unisba, Vol. 20, No. 1, Mei 2021, pp. 51 – 58.
Razali, M., 2022. Memanfaatkan Wolfram Alpha dalam Belajar Mengajar Matematika, All Fields of Science Journal Liasion Academia and Society, Vol. 2, No. 4, pp. 199 – 209.