STRATEGI PEMBELAJARAN PECAHAN BAGI GURU SDN ENTROP JAYAPURA

Authors

  • Westy B. Kawuwung Universitas Cenderawasih
  • Ishak S. Beno Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31957/ejpipt.v2i2.231

Keywords:

Pembelajaran, Pecahan, Alat Peraga

Abstract

Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini bertujuan untuk membantu guru-guru SD Negeri Entrop Jayapura dalam mengatasi masalah pembelajaran matematika materi pecahan. Adapun masalah yang sering dihadapi guru adalah kurangnya pemahaman guru tentang konsep pecahan dan operasinya serta kurangnya kemampuan guru dalam menentukan alat peraga yang tepat yang dapat dibuat oleh guru dan siswa yang dapat membantu siswa memahami konsep pecahan. Solusi yang ditawarkan berupa pemaparan materi untuk meningkatkan pemahaman guru tentang konsep pecahan dan diskusi terbimbing untuk mengamati lingkungan sekitar sekolah maupun kegiatan sehari-hari siswa di rumah yang dapat digunakan sebagai ilustrasi untuk membantu siswa memahami pecahan. Selain itu ditawarkan alternatif pembuatan alat peraga yang mudah dibuat oleh guru dan siswa dari bahan yang mudah diperoleh. Juga dipaparkan contoh-contoh alat peraga alternatif yang telah dibuat oleh guru-guru dan dipublikasikan secara online di media sosial youtube. Perangkat evaluasi yang digunakan adalah pretest dan post test. Hasil yang diperoleh terjadi peningkatan pemahaman guru tentang konsep pecahan dan operasinya sebesar 29,7%.

References

Atiaturrahmaniah, Musabihatul Kudsiah, dan Eni Maria Ulfa. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas IV SDN Sukaraja. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 7, No. 2, pp. 268-278.

Copur-Gencturk Y. (2021). Teachers’ Knowledge of Fraction Magnitude. International Journal of Science and Mathematics Education. https://doi.org/10.1007/s10763-021-10173- 2

Deringol, Yasemin. (2019). Misconceptions of Primary School Students about the Subject of Fractions. International Journal of Evaluation and Research in Education, Vol. 8, No.1, pp. 29-38.

Hariani, Anisa, Kezia Nabila Puteri, dan Hanatasya Damayanti Silaban. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Imaroh, Nur Azizah dan Heni Pujiastuti. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SD Kelas IV dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika , Vol.7, No. 2, pp. 87-96.

Kemdikbud. (2021). https://ditpsd.kemdikbud.go.id/faq/kurikulum-merdeka. Diakses tanggal 23 Februari 2024 pukul 23.00 WIT.

Purnomo, Y., Widowati, C., & Ulfah, S. (2019). Incomprehension of the indonesian elementary school students on fraction division problem. Infinity Journal, 8(1), 57. https://doi.org/10.22460/infinity.v8i1.p57-74

Suarjana, I Md, Desak Putu Parmiti, dan Pt Elma Arry safitri. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan Siswa Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, Vol. 2, No. 2, pp. 144-155.

Downloads

Published

2024-11-07