PELATIHAN PENERAPAN GOOGLE COLAB UNTUK PEMBELAJARAN DARING BAGI MAHASISWA DI PROVINSI SUMATERA SELATAN TAHUN 2021-2024

Authors

  • Dedi Setiabudidaya Physics Department, FMIPA, University of Sriwijaya
  • Menik Ariani Physics Department, FMIPA, University of Sriwijaya
  • Wijaya Mardiansyah Physics Department, FMIPA, University of Sriwijaya
  • Ramlan Physics Department, FMIPA, University of Sriwijaya
  • Siti Sailah Physics Department, FMIPA, University of Sriwijaya
  • Fitri Suryani Arsyad Physics Department, FMIPA, University of Sriwijaya
  • Khairul Saleh Physics Department, FMIPA, University of Sriwijaya
  • M. Irfan Physics Department, FMIPA, University of Sriwijaya
  • Assaidah Physics Department, FMIPA, University of Sriwijaya

Keywords:

Google Colab, pembelajaran daring, Python

Abstract

Kemajuan teknologi berkembang pesat sehingga penguasaan akan program komputer (coding) dan manajemen data yang sangat besar (Big Data) menjadi keahlian yang dicari saat ini. Oleh karena itu, Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kemendikbudristek meluncurkan kurikulum Program Bangkit 2021 dimana bahasa pemograman Python menjadi salah satu kunci yang harus dikuasai oleh para talenta digital, yakni para mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi Indonesia. Untuk mendukung program ini, Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Sriwijaya, bekerja sama dengan Rumah Literasi Koding Fisika (Rulikofi) telah mengadakan workshop bagi mahasiswa di wilayah Sumatera Selatan untuk menerapkan Google Colab dalam pembelajaran daring yang berbasis Bahasa Python. Pelatihan ini berlangsung secara daring dengan total empat kali kegiatan sejak tahun 2021 hingga 2024. Output dari kegiatan ini adalah aktifnya catatan pembelajaran daring dalam bentuk notebook Colab yang dibuat oleh setiap peserta pelatihan. Peserta mengikuti materi sesuai modul yang disediakan oleh panitia dengan tugas akhir yang harus dikerjakan dan dikumpulkan kepada panitia. Tiga peserta terbaik mendapatkan piagam penghargaan yang di tandatangani oleh pimpinan fakultas MIPA Universitas Sriwijaya.

References

Ditjen Dikti. (2021). Program Bangkit 2021. https://www.dikti.kemdikbud.go.id/pengumuman/program-bangkit-2021/

Ditjen Dikti. (2021). Kurikulum Bangkit. https://docs.google.com/spreadsheets/d/1f4BmJfxY4TiVbRzgLTNmRMxGYkUClKjmf0R9px8mhdo/edit#gid=338558665

Dicoding.com. (2020). Memulai Pemograman dengan Python. https://www.dicoding.com/academies/86

Dqlab.id. (2020). Belajar Data Science di Era Big Data. https://www.dqlab.id/yuk-belajar-data-scientist-di-era-big-data

Google. (2020). Introduction to Colab. https://colab.research.google.com/notebooks/intro.ipynb?hl=id

Nirraca M. et al (2023). Sosialisasi Praktek Pemrograman Python Menggunakan Google Colab Kepada Murid Sekolah Menegah Atas Methodist 1 Palembang. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 141–146. https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i1.5745

Nazar, R. (2024). Implementasi Pemrograman Python Menggunakan Google Colab. JIK : Jurnal Informatika Dan Komputer , 15(1), 50-56. Diambil dari https://journal.unmaha.ac.id/index.php/jik/article/view/253

Setiabudidaya, Dedi. (2015). Jupiter Notebook App: Teknologi Pembelajaran Fisika berbasis Web Browser. In Annual Research Seminar Fasilkom UNSRI. Palembang, Indonesia: Universitas Sriwijaya.

Setiabudidaya, Dedi. (2018). Penggunaan Piranti Lunak Jupyter Notebook Dalam Upaya Mensosialisasikan Open Science. INA-Rxiv. February 3. doi:10.31227/osf.io/2h7q4

Wilyani F., Arif QN., dan Aslimar F. (2024). Pengenalan Dasar Pemrograman Python Dengan Google Colaboratory . Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 08–14. https://doi.org/10.55606/jppmi.v3i1.1087

Downloads

Published

2025-05-14