UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG KPK DAN FPB DENGAN MENGGUNAKAN METODE KUE TART DAN PAPAN MULTIFUNGSI BAGI ANAK SEKOLAH MINGGU JEMAAT GKI MARTIN LUTHER

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31957/ejpipt.v3i1.255

Keywords:

Matematika, KPK, FPB

Abstract

Gereja Kristen Injili (GKI) Martin Luther Sentani merupakan salah satu Gereja yang letaknya di Kecamatan Sentani, Kabupaten Jayapura. Masyarakat belajar pada Jemaat GKI Martin Luther Sentani yaitu anak sekolah minggu dan anak muda. Yang termasuk anak sekolah minggu adalah anak-anak yang berusia 3 – 17 tahun. Dari hasil diskusi dan wawancara dengan guru-guru sekolah minggu, diperoleh informasi bahwa para orang tua dari anak sekolah minggu mengusulkan untuk diadakan kegiatan dalam meningkatkan pengetahuan mata pelajaran matematika, tentang pecahan, bangun datar dan ruang, KPK, FPB, soal cerita, dan lain-lain untuk membantu anak-anak sekolah minggu. Dengan mempertimbangkan permasalahan yang dihadapi anak-anak sekolah minggu, maka guru-guru sekolah minggu dalam hal ini Badan Pengurus (BP) PAR GKI Martin Luther Sentani yang menaungi anak-anak sekolah minggu bersama tim pengabdi memandang perlu untuk mengadakan kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan hasil belajar anak-anak sekolah minggu dalam pembelajaran matematika tentang KPK dan FPB. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan anak-anak sekolah akan konsep dasar (materi pendukung) materi KPK dan FPB dan mengenalkan metode penyelesaian serta mengasah kemampuan anak-anak dalam menyelesaikan soal-soal KPK dan FPB. Pada pelaksanaan kegiatan pengabdian ini akan digunakan beberapa metode, yaitu: metode ceramah, metode tanya jawab, dan demonstrasi. Dengan kegiatan ini, pengetahuan peserta akan konsep atau materi KPK dan FPB tidak hanya bersumber dari buku teks saja sehingga dapat meningkatkan hasil belajar anak-anak sekolah minggu dalam pembelajaran matematika tentang KPK dan FPB.

References

Annisah, S. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah Volume 11 Nomor 1 pp. 1-15

Fitrianawati, M. dkk, (2022). Buku Panduan Guru Matematika Kelas V SD/MI. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

McKellar, D. (2008). Math Doesn’t Suck. Jakarta : Penerbit Atria

Sukayati dan Agus. (2009). Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Dalam Pembelajaran Di SD. Yogyakarta : PPPPTK Matematika

Tandiangnga, T. Setyaningsih, D. & Matarru, Y. (2022). Pelatihan Penggunaan Beberapa Alat Peraga Matematika di SD YPK Martin Luther Sentani, Kabupaten Jayapura Provinsi Papua. Jurnal Pengabdian Papua Volume 6 No 1 pp. 25-29

Tim Gakho Tosho. (2021). Belajar Bersama Temanmu Matematika Untuk Sekolah Dasar Kelas V Volume I. Pusat Perbukuan Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Downloads

Published

2025-05-14