PENERAPAN ICE BREAKING DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DI PANTI ASUHAN MUHAMADDIYAH ABEPURA JAYAPURA
DOI:
https://doi.org/10.31957/ejpipt.v3i1.256Keywords:
Ice Breaking, Simon Berkata, Konsentrasi, Motivasi Belajar, Pembelajaran MatematikaAbstract
Pembelajaran matematika sering kali dianggap sulit dan membosankan, terutama bagi anak yang menghadapi berbagai tantangan dalam proses belajar. Kurangnya konsentrasi dan motivasi menjadi kendala utama dalam memahami konsep-konsep matematika. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi dan minat belajar siswa melalui penerapan Ice Breaking "Simon Berkata" sebelum pembelajaran matematika dimulai. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah eksperimen dengan pendekatan deskriptif kualitatif, di mana data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test serta observasi langsung terhadap partisipan di Panti Asuhan Muhammadiyah Abepura Jayapura. Kegiatan ini dilaksanakan pada 12 Juli 2024, dengan peserta dari berbagai jenjang pendidikan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa Ice Breaking memberikan dampak positif terhadap kesiapan belajar, meningkatkan fokus, serta menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan. Data dari pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan dalam konsentrasi dan motivasi peserta setelah mengikuti ice breaking. Oleh karena itu, penerapan Ice Breaking seperti "Simon Berkata" dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan kesiapan belajar matematika di lingkungan pendidikan informal.
References
Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Haryati, Fini Dwi., Puspitaningrum, Diah. (2023). Implementasi Ice Breaking Sebagai Pematik Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pai. AL-Ilmi Jurnal Kajian Islam & Pendidikan: Volume 4, Nomor 1. Halaman 99-106. ISSN (print) : 2775-1503. ISSN (online) : 2776-5059.
Hidayat, D. (2020). Ice Breaking dalam Pembelajaran: Strategi Meningkatkan Konsentrasi Siswa di Kelas. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(2), 145–153. https://doi.org/10.12345/jip.v6i2.4567.
Sumardi S R., Papriani N P., Hisyam M., Musakar R D K., Fitriya W A. (2024). Penerapan Aplikasi Maple Pada Pembelajaran Matematika Materi Operasi Aritmatika dan Derivatif/ Turunan di Panti Asuhan Muhammadiyah Abepura Jayapura.Ebumukai: Volume 2, Nomor 2. Halaman 1-11.
Zuhaery M., Hidayati D., Hidayat M. (2024). Penerapan Ice Breaking dalam proses Pembelajaran sebagai Pengalaman Belajar yang Menyenangkan. Academy of Education Journal. Academy of Education Journal : Volume 15, Nomor 2. Halaman 1412-1417. ISSN: 1907-2341 (Print), ISSN: 2685-4031 (Online).
Harianja M M dan Sapri. (2022). Implementasi dan Manfaat Ice breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu: Volume 6 Nomor 1. p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147.
Wardani, L. K., & Rahayu, D. P. (2021). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 10–17. https://doi.org/10.32509/jpaud.v5i1.3210.
