Analisis Struktur Lapisan Bawah Permukaan Untuk Pembangunan Dermaga Menggunakan Metode Geolistrik Di Kampung Abar, Distrik Ebungfauw, Kabupaten Jayapura

Authors

  • Lily H Nengkey Universitas Cenderawasih
  • Yusuf Bungkang Universitas Cenderawasih
  • Zakaria V. Kareth Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31957/jfp.v1i2.11

Keywords:

Struktur, Geolistrik, Konfigurasi Schlumberger, Resistivitas, Boring

Abstract

Kampung Abar Distrik Ebungfauw terdapat sebuah dermaga yang dibuat oleh masyarakat setempat sebagai penghubung antar kampung lainnya. namun dermaga tersebut sudah sangat tua hingga harus dibuat dermaga yang baru, oleh sebab itu perlu dilakukannya survey struktur bawah permukaan. Penelitian ini bertujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat setempat keadaan struktur bawah permukaan tanah agar bisa dilakukannya pengeboran untuk melakukan penanaman tiang pancang baru buat dermaga. Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode geolistrik tahanan jenis konfigurasi schlumberger untuk survey bawah permukaan secara vertikal dan akan dikorelasi dengan hasil dari data metode boring. Penelitian akan dilakukan di Kampung Abar Distrik Ebungfauw, dengan pengambilan data sebanyak 2 (dua) titik survey. Instrumen yang digunakan adalah ResistivityMeter yang dilengkapi dengan dua pasang elektroda arus dan potensial. Hasil penggolahan data akan berupa penampang struktur lapisan secara vertikal yang menunjukan keadaan sturktur bawah permukaan. Pada penelitian ini didapatkan bahwa struktur bawah permukaan Dermaga Kampung Abar didominasi oleh lapisan yang terdiri dari material lempung bercampur pasir padat dengan nilai resistivitas 1917 hingga 38494 m. Selain itu, terdapat lapisan batuan keras berupa kerikil bercampur lumpur dengan nilai resistivitas 6,1 sampai dengan 1,248 m. direkomendasikan untuk kedalaman pondasi pada titik 6 sampai 15 meter, dan hasil data metode pemboran dibor sedalam 10 meter.

References

Siti. (2018). Identifikasi Struktur Bawah Permukaan Dengan Menggunakan Geolistrik Konfigurasi Wenner- Schlumberger Dan Data Spt (Standart Penetration Test).

Yuliana Eka, F. Y. (2017). Aplikasi Metode Geolistrik Tahanan Jenis Untuk Indentifikasi Zona Bidang Gelincir Tanah Longsor Studi Kasus Desa Ngalajo Kec. Cepu Kab. Blora. Jurnal Sains dan Seni ITS, 6(2).

Rolia Eva, D. S. (2018). Application of Geoelectric Method for Groundwater Exploration from Surface ( A Literature Study ) Humadedicated Sustainable Product and Process Design : Material, Resurces, and Energy.

Harjito. (2013, Juni). Metode Vertical Electrical Sounding (VES). Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan, 5, 127-140.

Surdayo Broto, R. S. (2008). Pengolahan Data Geolistrik Dengan Metode Schlumberger. Teknik, 29(2).

Dewi, T. S. (2014). Metode Geolistrik Resistivitas Konfigurasi.

Mualifa. (2009). Perencanaan dan Pembuatan Alat Ukur Resistivitas Tanah. 1(2). Parmin. (2020, 03 23). Jasa Industri Sipil.

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Nengkey, L. H., Bungkang, Y., & Kareth, Z. V. (2022). Analisis Struktur Lapisan Bawah Permukaan Untuk Pembangunan Dermaga Menggunakan Metode Geolistrik Di Kampung Abar, Distrik Ebungfauw, Kabupaten Jayapura. Jurnal Fisika Papua, 1(2), 66–72. https://doi.org/10.31957/jfp.v1i2.11