Peranan Laboratorium Fisika dalam Menunjang Pembelajaran Fisika di SMA

Authors

  • Nara Ratih Nur Puspitasari Universitas Jember
  • Flapreliani Syafa Shabitna Universitas Jember
  • Diva Kanaya Anggraeni Universitas Jember
  • Febby Putri Wulandari Universitas Jember
  • Singgih Baktiarso Universitas Jember
  • I Ketut Mahardika Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.31957/jfp.v2i1.18

Keywords:

Pembelajaran Fisika, Laboratorium, Laboratorium Fisika

Abstract

Anggapan sebagai mata pelajaran yang penting, fisika diajarkan sebagai mata pelajaran tersendiri dengan berbagai pertimbangan. Kajian teori dan pengamatan di laboratorium fisika merupakan dua komponen esensial pendidikan fisika yang saling bergantung dan tidak dapat dipisahkan. Keduanya tidak dapat dipisahkan, saling melengkapi, dan saling bergantung. Fisika dipandang sebagai proses dan produk, sehingga belajar fisika dengan sukses membutuhkan fokus pada pembelajaran yang efektif dan efisien. Kelas fisika memberi siswa kesempatan untuk memperluas dan menyempurnakan pemikiran mereka. Kemampuan kognitif ini membantu dalam mencapai tingkat pendidikan yang lebih tinggi dan membantu dalam penyelesaian masalah sehari-hari. Laboratorium sangat penting bagi keberhasilan kegiatan pendidikan di sekolah. Laboratorium adalah tempat di mana eksperimen dan investigasi dalam fisika, kimia, biologi, dan disiplin ilmu lainnya dilakukan. Siswa dapat mendemonstrasikan dan membuktikan fenomena alam dan konsep fisika yang dibahas melalui kegiatan praktikum langsung.

Downloads

Published

2023-02-27

How to Cite

Puspitasari, N. R. N., Shabitna, F. S., Anggraeni, D. K., Wulandari, F. P., Baktiarso, S., & Mahardika, I. K. (2023). Peranan Laboratorium Fisika dalam Menunjang Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Fisika Papua, 2(1), 6–10. https://doi.org/10.31957/jfp.v2i1.18

Most read articles by the same author(s)