Profil Peningkatan Literasi Sains Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Anisa Eka Mauladhani Universitas Jember
  • Indah Ayu Safitri Universitas Jember
  • Arini Azrin Fakhira Universitas Jember
  • M. Fatur Rohman Universitas Jember
  • I Ketut Mahardika Universitas Jember
  • Singgih Baktiarso Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.31957/jfp.v2i1.15

Keywords:

Literasi Sains, Pembelajaran Fisika SMP, Tahun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun kesadaran literasi sains pada pembelajaran fisika di SMP tahun 2022. Berdasarkan data PISA, Indonesia berada diperingkat rendah pada bidang sains, membaca, dan metematika. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kajian Pustaka. Keberhasilan pembelajaran literasi sains ditunjukkan apabila peserta didik memahami apa yang dipelajari serta dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Literasi sains dinilai cocok dan penting dalam mengembangakan pembelajaran fisika tahun 2022.

References

Van Noordwijk, M. 2021. Agroforestry-Based Ecosystem Services: Reconciling Values Of Humans And Nature In Sustainable Development. Land, 10(7) https://Doi.Org/10.3390/Land10070699

Cahyani, D., & Roviati, E. (2016). Penerapan Pembelajaran Ipa Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas Vii Materi Pokok Pencemaran Lingkungan Di Smpn 1 Cikijing. Jurnal Sains Dan Pendidikan Sainspd.I; Jurusan Tadris Ipa Biologi Jalan Perjuangan Bypass Sunyaragi Cirebon, 5(45132), 122–135

Basam, F., Rusilowati, A., & Ridlo, S. 2016. Pancasakti Science Education Journal. Formulasi Minyak Atsiri Daun Jeruk Purut (Citrus Hystrix D.C.) Sebagai Sediaan Aromaterapi, 7(1), 1–8

Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., & Ismawati, R. 2018. Pentingnya Literasi Sains pada Pembelajaran IPA SMP Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE). 01(01): 24–29

Masfufah, F.H., dan E. Ellianawati. 2020. Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Bermuatan Etnosains. Unnes Physics Education Journal. 9(2).

Handayani, N. A., & Jumadi, J. (2021). Analisis Pembelajaran Ipa Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 217–233

Kusuma A, Yani. 2016. Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. E-journal Universitas Wiralodra, VII (3B)

Irsan, I. 2021. Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5631-5639

Rohman, S., Rusilowati, A., & Sulhadi, S. (2017). Analisis pembelajaran fisika kelas x sma negeri di kota cirebon berdasarkan literasi sains. Physics Communication, 1(2), 12-18

Yuliati, dan Yuyu. 2017. Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 3 (2)

Downloads

Published

2023-02-27

How to Cite

Mauladhani, A. E., Safitri, I. A., Fakhira, A. A., Rohman, M. F., Mahardika, I. K., & Baktiarso, S. (2023). Profil Peningkatan Literasi Sains Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Fisika Papua, 2(1), 51–54. https://doi.org/10.31957/jfp.v2i1.15

Most read articles by the same author(s)