Analisis Struktur Lapisan Tanah Untuk Keperluan Pencarian Deposit Air Tanah Dengan Metode Geolistrik Resistivitas Schlumberger Vertikal Di Kampung Padang Pasir, Kelurahan Sentani Kota, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura

Authors

  • Steven Y.Y. Mantiri Universitas Cenderawasih
  • Daniel Napitupulu Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31957/jfp.v2i1.23

Keywords:

Geolistrik, Schlumberger, Deposit Air tanah, Kampung Padang Pasir, Sentani

Abstract

Penelitian tentang analisis struktur lapisan tanah untuk keperluan pencarian deposit air tanah dengan metode geolistrik resistivitas dilakukan di Kampung Padang Pasir, Kelurahan Sentani Kota, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lapisan tanah yang mengandung air tanah dan menduga kedalaman lapisan air tanah (lapisan akuifer). Penelitian dengan metode geolistrik ini menggunakan konfigurasi elektroda Schlumberger secara vertikal – 1 dimensi (sounding). Metode yang digunakan adalah metode survei lapangan dan analisis geofisika lanjutan. Metode survei lapangan yaitu pengukuran menggunakan alat geolistrik Resistivity Meter merek IRES T300f. Metode analisis geofisika lanjutan yaitu pengolahan data pengukuran dengan bantuan perangkat lunak geolistrik sounding yaitu IP2Win version 3.0.1 versi bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa titik-titik survei memiliki kemiripan struktur lapisan dan kesamaan litologi tanah yaitu didominasi oleh batuan ultramafik serta pasiran kasar dan halus. Lapisan yang mengandung air tanah (akuifer) ditemukan pada semua titik penelitian yang terdiri atas lapisan akuifer dangkal dan akuifer dalam, tidak terdapat akuifer menengah. Lapisan akuifer dangkal pada titik 1 dengan resistivitas 83,10 Ωm pada kedalaman 17,80 m dengan ketebalan 17,40 m dan pada titik 2 dengan resistivitas 31,50 Ωm pada kedalaman 5,27 m dengan ketebalan 5,05 m. Lapisan akuifer dalam pada titik 1 dengan resistivitas 7,70 Ωm pada kedalaman 61,70 m dan pada titik 2 dengan resistivitas 28,00 Ωm pada kedalaman 5,27 m dengan ketebalan 5,05 m. Jenis akuifer yang terdeteksi adalah akuifer yang jernih karena berada di lingkungan batuan keras ultramafik dan pasiran terasosiasi dengan tanah, kerikil dan kerakal.

References

Kirsch, R., 2009. Groundwater Geophysics; A Tool for Hydrogeology, Second Edition, Springer, Verlag-Berlin

Gijoh, O.T., As’ari, dan Pasau, G., 2017. Identifikasi Akuifer Air Tanah Menggunakan Metode Geolistrik Tahanan Jenis Konfigurasi Dipol-Dipol Di Masjid Kampus Universitas Sam Ratulangi, Jurnal MIPA UNSRAT Online 6 (1), pp 17-20.

Nashrullah, A., Widodo, S., dan Umar, E.P., 2018. Pendugaan Potensi Air Tanah Menggunakan Geolistrik Tahanan Jenis Daerah Pesisir Kabupaten Luwu Provinsi Sulawesi Selatan, Jurnal Geomine, Vol. 6, No. 2 Agustus 2018, pp. 60 – 64.

Muhardi, Perdhana, R., dan Nasharuddin, 2019. Identifikasi Keberadaan Air Tanah Menggunakan Metode Geolistrik Resisitivitas Konfigurasi Schlumberger (Studi Kasus: Desa Clapar Kabupaten Banjarnegara), Jurnal Prisma Fisika, Vol. 7, No. 3, pp. 331 – 336.

Mantiri, S.Y.Y. dan Ngaderman, H., (2019). Identifikasi Lapisan Akuifer Secara Vertikal Menggunakan Metode Geolistrik Resistivitas Konfigurasi Wenner Alfa di Kampung Nafri, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Prosiding LPPM Universitas Cenderawasih, Edisi V.

Mantiri, S.Y.Y., dan Napitupulu, D., (2020). Pemetaan Struktur Lapisan Tanah Untuk Pembangunan Fondasi Tribune Lapangan Sepakbola Mahacendra Universitas Cenderawasih Menggunakan Metode Geolistrik Tahanan Jenis Konfigurasi Wenner Alfa Secara Lateral. Prosiding LPPM Universitas Cenderawasih, Edisi VI.

Hendrajaya, L. dan Arif, I., 1988. Geolistrik Tahanan Jenis, Laboratorium Fisika Bumi, Jurusan Fisika, ITB Bandung.

Telford, W.M., Geldart, L.P., and Sheriff, R.E. 1990. Applied Geophysics Second Edition, Cambridge University Press, Cambridge.

Google Earth, 2022. Google, Data SIO, NOAA, U.S. Navy.

Downloads

Published

2023-02-27

How to Cite

Mantiri, S. Y., & Napitupulu, D. (2023). Analisis Struktur Lapisan Tanah Untuk Keperluan Pencarian Deposit Air Tanah Dengan Metode Geolistrik Resistivitas Schlumberger Vertikal Di Kampung Padang Pasir, Kelurahan Sentani Kota, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura. Jurnal Fisika Papua, 2(1), 11–18. https://doi.org/10.31957/jfp.v2i1.23