Perbandingan Nilai Konstanta Dielektrik Dari Sampel Air Kali Acai Dengan Air Baku Minum di Kota Jayapura

Authors

  • Kristin Wiryani Universitas Cenderawasih
  • Rahman Rahman Universitas Cenderawasih
  • Hardi Hamzah Universitas Cenderawasih
  • Martina Bunga Universitas Cenderawasih
  • Daniel Napitupulu Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31957/jfp.v2i2.72

Keywords:

Konstanta dielektik, Air Limbah, Kali Acai Abepura

Abstract

Perbandingan nilai konstanta dielektrik dari sampel air Kali Acai Abepura dengan air baku minum di Kota Jayapura sudah dilakukan pengukuran di Laboratorium Fisika Lanjut Universitas Cenderawasih. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat nilai konstanta dielektrik air, dari air limbah pada Kali Acai Abepura, membandingkan dengan air kemasan Kota Jayapura. Konstruksi sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia atau proses alam yang berbentuk padat, sedangkan limbah cair sebagai akibat masuknya air eksternal ke dalam timbunan limbah atau sampah kemudian membilas dan melarutkan materi yang ada di dalam timbunan tersebut, sehingga memiliki variasi kandungan polutan organik dan nonorganik. Pengukuran nilai konstanta dieletrik air limbah dilakukan dengan menggunakan metode pelat sejajar yang diletakkan pada wadah yang berisi air tanah. Hasil dari penelitian adalah melihat pengukuran dan pembandingan nilai koefisian dan kapasitansi. Frekuensi terhadap nilai konstanta dielektrik air sampel, yaitu semakin besar frekeunsi, maka nilai koefisien dan kapasitansi semakin kecil.

References

BPS Kota Jayapura, 2022, “Kota Jayapura dalam Angka”, BPS Kota Jayapura, Jayapura.

Sapari, M. S., Rahim, I. R., & Lando, A. T. (2019). SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH SECARA BERKELANJUTAN DI KOTA JAYAPURA. PROSIDING KONFERENSI NASIONAL PASCASARJANA TEKNIK SIPIL (KNPTS) X.

Mangiwa, S., Salim, I., & Maryuni, A. E. (2020). Pembuatan Arang Aktif dari Tempurung Kelapa dan Aplikasinya Untuk Pengolahan Limbah Cair Tahu Tempe. Jurnal Pengabdian Papua, 4(1).

Sumantri, R. G., & Pandebesie, E. S. (2015). Potensi Daur Ulang dan Partisipasi Masyarakat Pengelolaan Sampah di Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Teknik ITS,13-15. doi:http://dx.doi.org/10.12962/j23373539.v4i1.8820

Lubis, P. (2023). Zonasi Pembangunan Lingkungan yang Baik Cegah Lahirnya Anak Berkebutuhan Khusus. Journal of Dissability Studies and Research (JDSR), 2(1), 12-20.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Wiryani, K., Rahman, R., Hamzah, H., Bunga, M., & Napitupulu, D. (2023). Perbandingan Nilai Konstanta Dielektrik Dari Sampel Air Kali Acai Dengan Air Baku Minum di Kota Jayapura. Jurnal Fisika Papua, 2(2), 71–75. https://doi.org/10.31957/jfp.v2i2.72

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>