Tinjauan Konseptual Vibrasi Molekul dan Mekanika Klasik Untuk Spektrofotometri Molekuler

Authors

  • Hubertus Ngaderman Universitas Cenderawasih
  • Ego Srivajawaty Sinaga Universitas Cenderawasih
  • Kezia Noviani Anou Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31957/jfp.v2i2.62

Keywords:

Osilasi Dua Partikel, Konstanta Pegas, Energi Vibrasi Molekul

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, yang pertama adalah meninjau vibrasi antar molekul dengan melihat pada konsep mekanika klasik yaitu getaran antara dua partikel yang dihubungkan dengan pegas. Pegas disini diartikan sebagai sebuah benda mikroskopis yang mempunyai suatu konstanta pegas. Dan yang kedua adalah konstanta  pegas dari molekul tersebut diketahui maka frekuensi getar akan didapat, sesudah itu energi vibrasi molekul diperoleh. Untuk mendapatkan spektra vibrasi molekul maka digunakan metode konsep mekanika klasik untuk menentukan massa reduksi, konstanta pegas , frekuensi . Mekanika kuantum digunakan untuk menentukan energi vibrasi molekul . Dari metode konsep diatas maka didapatkan besaran-besaran massa reduksi dan konstanta pegas , dimana besaran-besaran tersebut adalah parameter untuk menentukan energi vibrasi molekul untuk hidrogen  dan natrium klorida .

References

Ngaderman, H. (2016). PEMODELAN SPEKTRUM SERAP DAN PANCAR ROTASI MOLEKUL UNTUK MENENTUKAN MOMEN INERSIA DAN MOMENTUM SUDUT ORBITAL. Photon: Jurnal Sain dan Kesehatan, 6(02), 45-47.

Sugito, H., Setia Budi, W., Firdausi, K. S., & Mahmudah, S. (2005). Pengukuran panjang gelombang sumber cahaya berdasarkan pola interferensi celah banyak. Berkala Fisika, 8(2), 37-44.

Supriyadi, B. (2013). Manajemen lingkungan hidup.

PUTRI, D. K. S. Probabilitas dan Spektrum Energi Elektron pada Ion Molekul H2 untuk n s-3 (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan).

Susdarwono, E. T. (2021). Reaksi Fisi dan Reaksi Fusi dalam Mekanisme Bom Atom dan Senjata Termonuklir. Vektor: Jurnal Pendidikan IPA, 2(1), 16-30.

Yuniarti, E. (2019). Studi Komputasi Sifat Elektronik dan Sifat Optik Fotoelektroda Titanium Dioksida (TiO2) pada Fasa Anatase dan Rutile. Al-Fiziya: Journal of Materials Science, Geophysics, Instrumentation and Theoretical Physics, 2(1), 40-48.

Hari, B. S. (2019). Mengenal Fisika Modern. Penerbit Duta.

Halliday, 1986, Fisika Jilid Satu. Airlangga

Halliday, 1986, Fisika Jilid Dua. Airlangga

Krane Keneth S, 1992. Fisika Modern. John Wiley and Sons.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Ngaderman, H., Sinaga, E. S., & Anou, K. N. (2023). Tinjauan Konseptual Vibrasi Molekul dan Mekanika Klasik Untuk Spektrofotometri Molekuler. Jurnal Fisika Papua, 2(2), 83–89. https://doi.org/10.31957/jfp.v2i2.62