Simulasi Pengaruh Kedalaman Kolam Penenang, Ukuran Pipa Pesat, dan Tinggi Efektif Pada Daya Keluaran Pembangkit Listrik Mikrohidro

Authors

  • Rahman Rahman Universitas Cenderawasih
  • Yohanis Payage Universitas Cenderawasih
  • Hubertus Ngaderman Universitas Cenderawasih
  • Tatang Sutarman Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31957/jfp.v2i2.90

Keywords:

Listrik Mikrohidro, Simulasi, Fluida

Abstract

Telah dilakukan Penelitian guna mengetahui nilai-nilai parameter yang berkaitan dengan Pembangkit Listrik Mikrohidro. Parameter yang digunakan dalam penelitian adalah jari-jari pipa pesat, kedalaman kolam penenang, tinggi efektif dari pusat turbin ke dasar kolam penenang, efesiensi turbin dan efisiensi generator.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Simulasi dengan peralatan penunjang MS Excel berdasarkan persamaan-persamaan hasil rumusan. Pembangkit listrik dengan skala mikro atau rumahan yang mempertimbangkan ketersedian sumber daya alam yang dapat dikonversi menjadi energi listrik. Memberikan pemahaman baik kepada penulis, pembaca, maupun masyarakat agar mampu memanfaatkan sumber potensi alam yang berada di wilayah silimo suku ngalik, yaitu sungai keniaghay yang menkonversikan energi gerak menjadi energi listrik di wilayah tersebut.

References

Kumara, N. S. (2010). Pembangkit listrik tenaga surya skala rumah tangga urban dan ketersediaannya di Indonesia. Teknologi Elektro, 9(1), 68-75.

Kadir, E. A., Syukur, A., Rosa, S. L., & Ramdani, W. S. (2021). Bantuan dan Instalasi Listrik Tenaga Surya Untuk Mesjid An-Nur Kecamatan Kuala Kampar, Pelalawan. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penerapan Ilmu Pengetahuan, 2(2), 1-7.

Laka, B. M., & Niwele, A. (2019). Persepsi masyarakat terhadap pelayan publik PT. PLN Rayon Taniwel. Publisia (Jurnal Ilmu Administrasi Publik), 4(2), 179.

Yuniarti, F. (Ed.). (2008). Ekspedisi tanah Papua: laporan jurnalistik Kompas: terasing di pulau sendiri. Penerbit Buku Kompas.

Nuryanto, L. E. (2022). Perancangan Sistem Kontrol Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLN dan PLTS) Kapasitas 800 Wp. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa dan Sosial, 17(3), 196-205.

Yogathama, I. G. B., Wiradhi, W., & IW, A. (2021). Desai Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Mengikuti Pola Astap Wantilah Desa Antosari Untuk Memenuhi Daya 3600 Watt. Jurnal Spektrum, 8(2).

UIN, F. S. D. T. (2017). PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN FISIKA BERBASIS GREEN TECHNOLOGY DENGAN TEMA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKRO HIDRO UNTUK SMA/MA.

Isnawijayani, I. (2007). UPAYA MASYARAKAT SUMATERA SELATAN MENGGUNAKAN ENERGI ALTERNATIF. Publikasi Penelitian Terapan dan Kebijakan, 1(2).

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Rahman, R., Payage, Y., Ngaderman, H., & Sutarman, T. (2023). Simulasi Pengaruh Kedalaman Kolam Penenang, Ukuran Pipa Pesat, dan Tinggi Efektif Pada Daya Keluaran Pembangkit Listrik Mikrohidro. Jurnal Fisika Papua, 2(2), 134–140. https://doi.org/10.31957/jfp.v2i2.90

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>