Pengukuran Konstanta Dielektrik Air Pada Kolam Pemancingan Di Daerah Koya Barat

Authors

  • Suryanti Ananda Putri Rumbekwan Universitas Cenderawasih
  • Benny Abraham Bungasalu Universitas Cenderawasih
  • Rahman Rahman Universitas Cenderawasih
  • Stenley Jelfons Jh. Waita Dinas ESDM Provinsi Papua

DOI:

https://doi.org/10.31957/jfp.v2i2.82

Keywords:

Air PDAM, Air Pemancingan, Koya Barat Kota Jayapura

Abstract

Telah melakukan penelitian pengukuran dan pembandingan nilai konstanta dielektrik air pemacingan, koya Barat kota jayapura dengan air PDAM. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat nilai konstanta dielektrik air, dari air Pemancingan Koya Barat, membadingkan deangan air PDAM Kota Jayapura, Dengan bentang alam yang merupakan dataran rendah dan berdekatan dengan daerah pesisir laut maka keadaan air tanah dan air permukaan dari daerah di sekitarak Koya Barat dan sekitarnya dipengauhi oleh air laut sehingg aterdapat beberapa daerah yang air tanahnya bersifat payau dan ada juga yang banyak mengandung mineral logam sehingga air berwarna kekuningan. Maka perlu dikaji mengaenai besaran fisis dari air yang digunakan dalam kolam pemacingan yang tersebar di daeraah Koya dan sekitarnya yaitu pada nilai koefisien dielektrik dari air kolam yang tersebar di daearah Koya. Pengukuran nilai konstanta dieletrik air Pemancingan dilakukan dengan menggunakan metode pelat sejajar yang diletakkan pada wadah yang berisi air tanah. Hasil dari penelitian adalah melihat pengukuran dan pembandingan nilai koefisian dan kapasitansi. Frekuensi terhadap nilai konstanta dielektrik air sampel, yaitu semakin besar frekeunsi, maka nilai koefisien dan kapasitansi semakin kecil.

References

BPS Kota Jayapura, 2022, “Kota Jayapura dalam Angka”, BPS Kota Jayapura, Jayapura.

Ma'ruf, F. (2019). PENGARUH HCL PADA AKTIVASI ZEOLIT UNTUK DESALINASI AIR LAUT SEBAGAI MEDIA TANAM SAWI CAISIN (Brassica juncea L.) SISTEM HIDROPONIK (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Mudiat, T. (1996). Desalinasi Air Laut dengan Destilasi. Jakarta: PLTU/PLTG Sektor Priok.

binamarga.pu.go.id, https://binamarga.pu.go.id/index.php/berita/diresmikan-presiden-jembatan-youtefa-menjadi-simbol-komitmen-untuk-memajukan-papua, diakses pada tanggal 5 Desember 2022.

Youdastiyo, 2012, “KOMPLEKS WISATA PERIKANAN Di Kalitirto, Berbah, Sleman, D. I. Yogyakarta” S1 thesis, UAJY.

Juansah, J dan Irwansyah. 2007.”Kajian Sifat Dielektrik Buah Semangka Dengan

Pemanfaatan Sinyal Listrik Frekuensi Rendah.” Jurnal Sains mipa13:156-

Int J Food Properties. 13:1199-1206.

Turabi E, Regier M, Sumnu G, Sahin S, Rother M. 2010. “Dielectrik and ThermalProperties of Rice Cake Formulations”, Containing Different Gum Types.

Giancoli, 2005 dan Halliday, 2018. Nilai Konstanta Dilektrik beberapa material insulator

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Rumbekwan, S. A. P., Bungasalu, B. A., Rahman, R., & Waita, S. J. J. (2023). Pengukuran Konstanta Dielektrik Air Pada Kolam Pemancingan Di Daerah Koya Barat. Jurnal Fisika Papua, 2(2), 104–113. https://doi.org/10.31957/jfp.v2i2.82